Stay Healthy, Ini Dia 5 Alat Kesehatan yang Wajib Kamu Punya!

sumber : guesehat.com

Dear friends,

Apa kamu punya alat medis kesehatan untuk di rumah? Kalau kamu nggak punya, alangkah baiknya kamu menyediakannya untuk mengantisipasi keadaan darurat keluarga. Baik itu luka-luka maupun penyakit lainnya bisa kamu tangani sendiri di rumah. 

Apalagi kalau kamu punya penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu atau punya anak kecil di rumah, pasti alat kesehatan sangat diperlukan bukan? Selain itu, alat kesehatan ini juga punya fungsi utama dalam mencegah maupun sebagai pertolongan pertama kesehatan saat kondisi tertentu. 

Apa saja peralatan kesehatan yang wajib ada dan kamu punya di rumah? Langsung saja yuk, cek daftarnya dibawah ini!

1. Termometer

sumber : sehatq.com

Siapa yang nggak tahu dengan alat kesehatan satu ini? Termometer sendiri memiliki fungsi untuk mengukur suhu tubuh ketika kamu atau saat anggota keluarga merasakan demam. Oleh sebab itu, saat anggota keluarga kamu terkena demam maupun flu diperlukan alat Termometer ini untuk berjaga-jaga. 

Termometer menjadi salah satu alat kesehatan yang wajib ada di rumah dan berperan penting. Apalagi ketika musim hujan tiba yang dimana setiap orang pasti akan mudah dan rentan terkena demam. Alat kesehatan inilah yang diperlukan pertama kali sebelum kamu memeriksakan diri ke rumah sakit.

2. Timbangan berat badan

sumber : sehatq.com

Tak hanya digunakan untuk orang yang sedang menjalani masa diet saja, timbangan berat badan ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek berat badan secara berskala supaya bisa tahu naik atau turun. Sebab itu, alat kesehatan ini wajib ada di rumah. Memang kamu nggak bisa mengetahui kondisi kesehatan dari naik maupun turunnya berat badan.

Tetapi paling tidak saat berat badan kamu naik, tanda-tanda kondisi kesehatan bisa kita ketahui. Saat secara tiba-tiba berat badan kamu naik drastis, maka itu bisa diindikasikan bahwa kamu punya penyakit tekanan darah tinggi atau diabetes. Sedangkan jika secara tiba-tiba berat badan kamu turun, maka hormon pada tubuh mengalami ketidakseimbangan. Nah, maka dari itu penting memiliki timbangan berat badan ini di rumah.

3. Tensimeter

sumber : kompasiana.com

Meski tensimeter menjadi alat kesehatan yang hanya ada di rumah sakit maupun ruang kerja dokter, pasalnya alat kesehatan ini juga wajib ada di rumah. Apalagi kalau kamu maupun anggota keluarga ada yang punya penyakit tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Dengan alat ini kamu bisa mengetahui kondisi tekanan darah di dalam tubuh, meskipun pada dasarnya kamu harus tetap ke dokter untuk mengontrol kesehatan secara rutin.

4. Glukometer

sumber : hellosehat.com

Dengan alat kesehatan Glukometer ini kamu bisa mengukur kadar gula darah dalam tubuh. Buat kamu yang memiliki penyakit diabetes atau masalah pada gula darah dalam tubuh, wajib banget nih punya alat Glukometer ini di rumah. Dengan begitu kamu bisa mengontrol kadar gula darah pada tubuh supaya menjadi normal. Tapi sebelum membelinya, kamu harus tahu cara mengoperasikan serta mengetahui konsumsi harian kadar gula darah, ya!

5. Kotak P3K

sumber : hellosehat.com

Kotak P3K atau yang memiliki kepanjangan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, merupakan alat kesehatan yang wajib ada di rumah karena memang memiliki peran penting. Kamu bisa menyediakan obat-obatan atau alat media yang sangat dibutuhkan pada kotak P3K ini. 

Selain 5 alat medis di atas kamu juga bisa menambahkan lainnya yang sekiranya sangat dibutuhkan seperti, Oximeter. So, stay healthy ya supaya kamu tetap kebal terhadap penyakit. 




No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com