Manfaat Melakukan Imunisasi SEjak Bayi

Dear friends, 

Menjaga dan merawat anak dengan baik merupakan sebuah kewajiban untuk para orang tua. Mempunyai tanggung jawab penuh terhitung mulai dari dalam kandungan sampai dengan dewasa. Salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu imunisasi Bayi. Anda tidak perlu takut melakukan imunisasi karena banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti penjelasan dibawah ini.

Dapat memperkuat sistem imun anak

Seperti yang disinggung di atas, manfaat imunisasi yang paling utama adalah untuk memperkuat sistem imun. Vaksin yang dipakai saat proses imunisasi ini akan melatih sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi virus serta bakteri penyebab penyakit tertentu. 

Dapat mencegah biaya pengobatan berlebih

Manfaat imunisasi secara ekonomis pun ada, yaitu dapat mencegah kemungkinan tanggungan biaya pengobatan yang sangat mahal. Imunisasi yang dilakukan pada umumnya diperuntukkan untuk memperkuat sistem imun agar dapat melawan penyakit yang cukup berbahaya. 

Misalnya adalah imunisasi BCG yang bertujuan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC). Lalu ada juga imunisasi untuk penyakit campak yang umum dialami saat usia kanak-kanak, imunisasi dengue yang banyak diandalkan untuk pencegahan efek fatal dari penyakit seperti demam berdarah. Kamu bisa dapatkan informasi seputar Jenis Imunisasi Wajib 0-12 Bulan

Jika tubuh tidak diimunisasi, kemungkinan tubu terkena penyakit-penyakit tersebut akan lebih besar. Jika sudah terkena penyakit, Bunda atau si kecil harus menjalani pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika sampai harus menginap di rumah sakit selama proses perawatan, biayanya tentu akan semakin membengkak. Itu sebabnya lebih baik melakukan imunisasi untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Dapat menekan angka kematian anak

Bunda perlu tahu bahwa ada banyak jenis penyakit yang menjadi penyebab utama meningkatnya kematian anak. Penyakit seperti campak, polio, batuk rejan, serta pneumonia termasuk ke dalam daftar penyakit mematikan tersebut. Penyakit-penyakit ini paling banyak menyerang anak-anak yang sistem imunnya belum begitu terbentuk dan cukup kuat untuk melawan penyakit.

Kabar baiknya, penyakit-penyakit di atas sudah memiliki vaksin imunisasinya masing-masing. Itu sebabnya salah satu manfaat imunisasi adalah untuk membantu menekan angka kematian anak. Dengan melakukan imunisasi, tubuh si kecil jadi lebih kuat untuk memerangi virus yang menyebabkan penyakit-penyakit di atas.

Ketika melakukan imunisasi umumnya terdapat efek samping seperti demam, dan hal ini dapat menyebabkan bayi menjadi rewel. Untuk itu pastikan makanan, pakaian, bahkan sampai dengan popok yang digunakan membuat bayi nyaman seperti popok Merries.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Imunisasi memang penting banget untuk si kecil, manfaatnya juga banyak, jangan lupa imunisasi ya, Bun.

    BalasHapus
  2. Menjaga imun anak, hemm di masa seperti sekarang perlu banget imunisasi buat si kecil.

    BalasHapus
  3. Buat bunda yang masih ragu mau imunisasi, banyak banget lho manfaatnya dan prosedurnya mudah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com