Pentingnya Siklus Akuntansi BukuWarung untuk Berbagai Perusahaan

Dear friends,

Siklus akuntansi merupakan sebuah siklus yang terjadi di setiap perusahaan. Siklus ini melibatkan berbagai aktivitas, misalnya proses monitoring transaksi hingga proses analisis untuk menggali informasi mengenai semua hal yang terjadi di perusahaan itu.

Kata siklus sendiri mengartikan sebuah proses yang terjadi berulang kali. Dalam dunia akuntansi, siklus ini merupakan sebuah proses yang melibatkan berbagai tindakan penting terhadap suatu perusahaan dan akan dilakukan secara berulang kali. Kapan dan bagaimana proses ini akan berlangsung?

Siklus Penting dalam Dunia Akuntansi

aplikasi buku warung

Di berbagai perusahaan, siklus ini biasanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk bisa dilaksanakan dengan benar. Setelah siklus ini berjalan, hasil siklus pun akan diberikan kepada perusahaan, biasanya pada akhir setiap tahun.

Apapun jenis perusahaannya, siklus ini harus selalu ada. Misalnya, dalam perusahaan dagang atau perusahaan yang melakukan jual beli produk tertentu, ada siklus yang terfokus pada berbagai kegiatan, seperti membeli barang, menyimpannya, lalu menjual kembali dagangan tersebut.

Contoh siklus dalam dunia perdagangan atau jual beli barang adalah seperti berikut ini:

Melakukan pencatatan terhadap seluruh transaksi di dalam sebuah jurnal umum.

Memindahkan catatan transaksi tersebut ke sebuah buku besar pembantu.

Melakukan penyusunan terhadap neraca saldo, yang belum mengalami penyesuaian.

Melakukan penyusunan jurnal penyesuaian setiap akhir periode.

Melakukan penyusunan neraca saldo yang sudah mendapatkan penyesuaian.

Melakukan penyusunan laporan keuangan secara umum.

Membuat sebuah lembar kerja yang digunakan untuk proses akuntansi.

Melakukan penyusunan jurnal penutup, biasanya dilakukan pada akhir periode atau akhir tahun.

Tujuan dari siklus akuntansi di sektor perusahaan dagang tersebut adalah untuk menekan kemungkinan adanya tindak kecurangan atau fraud yang terjadi di perusahaan. Dengan adanya siklus ini, keuangan perusahaan dagang bisa lebih transparan dan sehat.

Siklus dalam Perusahaan yang Menjual Jasa

Perusahaan atau organisasi yang menjual jasa memang tidak seperti perusahaan dagang. Perusahaan jenis ini biasanya menyediakan pelayanan dengan sifat non fisik pada para pelanggannya. Meskipun berbeda jenis, perusahaan jasa juga membutuhkan siklus akuntansi yang sangat penting ini.

Tujuan dari siklus tersebut adalah untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diharapkan oleh pemilih perusahaan jasa tersebut. Tahapan siklusnya tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, yaitu meliputi beberapa langkah berikut ini.

Mengumpulkan serta menganalisa semua data transaksi.

Memasukkan hasil analisa yang sudah jadi ke dalam sebuah jurnal umum.

Memposting data tersebut ke buku besar.

Mempersiapkan neraca lajur berisi data akuntansi yang berada di jurnal umum.

Mempersiapkan serta menyusun laporan akuntansi.

Mempersiapkan jurnal penyesuaian dan menyusun jurnal penutup.

Memindahkan jurnal penyesuaian dan penutup ke buku besar.

Mempersiapkan neraca saldo dan memeriksa keseimbangan antara kredit dan debit di buku besar.

Jika diikuti dengan benar, siklus ini akan sangat bermanfaat bagi berbagai jenis perusahaan. Untuk mempermudah siklus ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi yaitu BukuWarung untuk membantu mengembangkan bisnis yang Anda jalankan, baik bisnis dagang maupun jasa.


Posting Komentar

7 Komentar

  1. Akuntansi salah satu jurusan SMK yang membuat pusing tujuh keliling, tetapi berpeluang besar dalam dunia bisnis. Pastinya ini juga penting diterapkan di bisnis warung seperti ini, terima kasih ilmunya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Setuju sama Mbak Nisa, awalnya ambil itu karena prospek kerjanya, cuma pas awal masuk menghadapi rumus akuntansi rasanya engga banget udah.

    BalasHapus
  3. Sama yang namanya matematika tuh udah greget banget, tapi perihal menghitung uang di akuntansi wah girang sih, haha. Bener banget, siklus akuntansi penting untuk buku warung.

    BalasHapus
  4. Pembukuan uang di warung memang penting banget untuk mencegah rugi dan mengetahui kenaikan usahanya, apalagi siklus akuntansi yang terbilang harus sesuai. Gak begitu tahu tentang siklus akuntansi, tetapi ini penting banget buat bisnis.

    BalasHapus
  5. Pastinya ini penting banget sih untuk mengawasi transaksi dan menganalisis semua yang terjadi di perusahaan. Anak akuntansi pasti paham, nih.

    BalasHapus
  6. Waktu masih sekolah pelajaran akuntansi bikin sakit kepala padahal saya ambil jurusan akuntansi.. wkwkwk

    BalasHapus
  7. Ini bisa digunakan untuk toko online yang mulai dari omzet kecil sampai gede ya mbak. Terbantu banget sih misal menggunakan aplikasi bukuwarung ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com