Potensi Wisata Alam Indonesia

Dear friends,

Potensi Wisata di Indonesia

Siapa yang udah kangen traveling? Siapa yang udah kangen jalan-jalan keluar kota? Nggak perlu ditanya lagi ya seberapa kangen kita traveling, keluar kota dan berwisata kemana-mana tanpa khawatir terpapar penyakit. Sudah hampir dua tahun kita dipaksa berdiam diri di rumah. Sudah hampir dua tahun aktivitas kita jadi terbatas. Nggak pa pa, yang ngerasain hal ini bukan cuma kita aja kok. Hampir semua warga di seluruh dunia merasakan apa yang kita rasakan. 

Saya sendiri juga hampir dua tahun ini juga tidak pergi kemana-mana. Padahal dulu, hampir tiap minggu saya plesiran kemana-mana. Sedih si, tapi tak apa, kan demi kebaikan kita bersama. Saat ini kita hanya bisa berdoa dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja hingga situasi aman. Bukankah dengan di rumah saja, kita sudah turut berperan dalam upaya pemerintah mengurangi angka kasus covid di negara kita, loh. Jadi, boleh lah kita puas-puasin rebahan dulu, sebelum nanti kita plesiran lagi ya. 

Saya ini tipe orang yang suka bertualang di alam bebas. Kalau ada ajakan traveling dengan tujuan berwisata ke alam bebas, bisa dipastikan saya bakalan join. Bahkan meski harus bersusah payah untuk menuju ke lokasinya pun saya sanggupi. 

dokpri. Setelah lelah mendaki bukit Pangonan Dieng

dokpri. Bangun jam 3 pagi karena penasaran dengan pasar apung Lok Baintan, Banjarmasin

Berwisata Tanpa Merusak Alam

Saya tertarik saat mendengar seorang kawan bercerita tentang wisata hutan mangrove sambil melihat konservasi bekantan di kota Tarakan. Meski hanya bisa melihat dari kejauhan, saya sudah cukup puas bahwa ternyata di negara kita banyak memiliki beragarm fauna yang masih dilindungi. 


dokpri. Jauh-jauh dari Jawa ke Tarakan karena pengen ketemu bekantan

Tempat-tempat yang saya kunjungi itu hanya sebagian potensi wisata alam yang ada di Indonesia. Masih ada ribuan destinasi wisata yang juga potensial untuk dikunjungi, loh. 

Indonesia memiliki beragam keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan negara lainnya. Kita harus bangga sebab Indonesia termasuk negara kepulauan terbesar di dunia. Bahkan 3 dari  6 pulau terbesar di dunia ternyata terletak di Indonesia lho, antara lain Papua, Sumatera, dan Kalimantan. Indonesia memiliki panjang pantai sekitar 81 km2 dari total luas 93.000 km yang membuat negara kita memiliki total 25% panjang pantai di dunia. Wow, nggak heran lah kalo Indonesia dijuluki sebagai negara maritim ya. 

Bahkan salah satu hewan purba yang masih tersisa di dunia juga ada di Indonesia loh. Hanya di Indonesia. JIka orang luar ingin melihat hewan purba ini, mereka harus berkunjung ke tempat ini. Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. 

Beruntung sekali saya pernah kesana dan bahkan berinteraksi dengan para komodo. Tentunya dengan didampingi para ranger ya. Kalo nggak ada ranger, mana saya berani. Hihi.

dokpri. Saya dan komodo di Pulau Komodo 


Saat ini pemerintah sedang membangun fasilitas umum dan mempercantik kawasan wisata Labuan Bajo agar kawasan wisata di daerah itu menjadi kawasan wisata premium dan tidak kalah dengan wisata di luar negeri. Sebagai warga negara tentu kita harus mendukung upaya pemerintah ini agar wisata Indonesia makin mendunia. 

Jangan cuma bilang bangga tapi tiap liburan tujuannya ke luar negeri melulu, ya. Wisata alam di negara kita nggak kalah dengan wisata yang ada di negara tetangga loh. Berbanggalah dengan apa yang dimiliki oleh negara kita. Negara-negara lain bahkan berutang pada negara kita, karena hutan tropis yang dimiliki Indonesia  membantu menjaga kualitas udara dan keseimbangan yang ada di bumi. Selain itu, kekayaan flora fauna seperti tanaman bakau di Indonesia juga membantu dalam mencegah abrasi di laut. 

Bersyukurlah karena kita tinggal di Indonesia dimana kekayaan alamnya masih terjaga. Jangan sampai kita termasuk orang yang merusak kekayaan alam Indonesia. Sekecil apapun partisipasi kita, kita sudah turut andil dalam upaya menjaga wisata alam kita. 

dokpri. Ikut menanam pohon di lingkungan candi Gedong Songo

Caranya sangat mudah. Berwisatalah tanpa mengotori lingkungan wisata dengan membuang sampah di tempatnya, tidak merusak tanaman, tidak mengambil atau mencabut tanaman, tidak mencorat-coret pepohonan yang bisa merusak estetika. 

Jika perlu bergabunglah dengan komunitas pecinta alam yang secara rutin melakukan pelestarian lingkungan di sekitar tempat wisata dengan menanam pohon-pohon pelindung berbagai jenis dan juga tanaman perdu. 

Yuk, kita bantu potensi wisata alam di Indonesia agar selalu berkembang. Bagi hal positif mengenai wisata alam Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. KIta jadikan wisata alam di Indonesia jadi destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun internasional. 

Indonesia Bikin Bangga!



Posting Komentar

5 Komentar

  1. Wisata Indonesia memang sudah luar biasa banget, keren mbak foto sama komodo. Negara kita udah paket lengkap wisata alamnya yang masih segar dan indah, ya perlu disyukuri dan dirawat.

    BalasHapus
  2. Bukit, hutan mangrove, pulau komodo, candi hemm keindahan apalagi yang kau dustai apalagi jarang ada di negara lain.

    BalasHapus
  3. Potensi wisata Indonesia sudah tidak diragukan lagi kita cuma perlu merawat dan melindunginya agar tidak rusak. Keren dan indah banget lho, Mbak jadi pengin.

    BalasHapus
  4. Sudah berada di daerah tropis, dilewati garis khatulistiwa, cuaca di sini pun sangat bagus tak khayal keindahan wisata alam di Indonesia sangat terkenal.

    BalasHapus
  5. Potensi wisata alam di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, karena itu kita harus menjaganya agar tetap lestari dan indah, ya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com