Menikmati Legitnya Roti Gandjelrel dari Toasty Deli

kue gandjel rel khas Semarang
dok. www.bundafinaufara.com

Dear friends,

Kebanyakan orang kalo ditanya soal makanan khas kota Semarang pasti jawabnya lunpia. Iya kan? Padahal selain lunpia, ada makanan khas lainnya yang tak kalah enak loh. Namanya kue gandjelrel. Namanya unik yah. Meski begitu rasanya nggak seseram namanya kok. Kue ini rasanya legit karena salah satu bahannya adalah gula merah. Aslinya kue ini keras dan seret (bikin pengen minum). Mirip sama roti gambang khas Betawi. 

Sejarah Roti Gandjelrel 

kue gandjelrel khas Semarang
dok. www.bundafinaufara.com

Roti gandjel rel ini berbentuk kotak dan berwarna cokelat bertabur wijen, bercita rasa kayu manis dan beraroma rempah yang khas. Rasanya legit karena menggunakan gula jawa sebagai pemanisnya. Teksturnya yang ulet membuat perut cepat merasa kenyang meski hanya memakannya dua potong. 

Roti gandjelrel ini dulunya dikenal sebagai rotinya orang-orang Eropa di Batavia. Pembuatan roti ini pun juga akhirnya diproduksi oleh perusahaan-perusahaan roti orang-orang Eropa yang ada di Batavia. 

Kabarnya, roti ini merupakan salah satu peninggalan Belanda. Sampai sekarang resep yang digunakan tidak pernah berubah, masih asli dari zaman Belanda dahulu. Nama aslinya adalah roti gambang karena bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang, tapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama “ganjel rel”. Disebut roti ganjel rel karena selain teksturnya yang bantat bentuknya memang seperti ganjel rel (bantalan rel). Rasanya manis karena menggunakan campuran gula aren. Roti cocok banget untuk teman minum teh. 

Roti gandjelrel ini selalu menjadi rebutan masyarakat Semarang saat perayaan Dugderan, yang biasanya digelar untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Ribuan warga bahkan rela berdesakan hanya untuk mendapatkan kue gandjelrel karena kue tersebut dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa.

Menurut orang-orang tua kita dulu, roti gambang yang dikenal dengan roti ganjel rel di Semarang ini berasal dari roti Belanda yang bernama ontbijtkoek. Orang Belanda sering menyebutnya dengan kue sarapan pagi karena disantap untuk sarapan. Roti ini juga kerap disebut roti rempah Belanda. Nah, kemungkinan besar juga resep ontbijtkoek ini juga merupakan akulturasi Indonesia ke Belanda. 

Roti gandjelrel dimodifikasi sedemikian rupa untuk memangkas harga ontbijtkoek yang terlalu mahal. Makanya, tepung terigu diganti dengan tepung gaplek (singkong) dan gula pasir diganti dengan gula jawa ditambah dengan rempah-rempah dari Indonesia, seperti kapulaga dan manis jangan (kayu manis).

Gandjelrel Legit dari Toasty Deli

Untuk menikmati legitnya rotu gandjelrel ini kita nggak perlu susah-susah blusukan ke pasar tradisional karena sudah ada yang memproduksinya dalam skala besar. Adalah Toasty Deli yang merupakan sebuah toko roti di kawasan Semarang Barat yang membuat roti gandjelrel dengan resep warisan keluarga sejak tahun 1967. Yang membuat roti gandjelrel dari Toasty Deli berbeda dengan roti gandjelrel lainnya adalah teksturnya yang empuk dan nggak bikin seret di tenggorokan. 

Toasty Deli tak hanya memproduksi roti gandjelrel saja. Ada berbagai varian roti manis, roti bagelen dan berbagai varian kue lainnya. Anak-anak paling suka bagelen dan roti manis dari Toasty Deli ini. Nggak heran deh roti-roti ini cepet ludes karena anak-anak. 

toasty deli semarang
dok. dani ristya

Oh iya, kita juga nggak harus keluar rumah untuk mendapatkan semuanya. Cukup order via whatsapp atau shopee, lalu pilih jasa pengiriman yang kita inginkan, semisal ojek online ataupun ekspedisi same day yang akan mengantar sampai ke rumah kita. 

Semua varian roti maupun kue dari Toasty Deli ini rekomended untuk kalian nikmati. Penasaran kan? Tunngu apa lagi? Buruan kepoin Toasty Deli Cake & Bakery deh!


Toasty Deli Cake & Bakery

Jl. Padma Boulevard, Tambakharjo, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang

Telepon: 0878-7111-1044.

Buka Senin-Sabtu Pukul 07.00-19.00 WIB. 


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Hemm roti gandjel rel lewat di mana-mana jadi ingin mencicipi apalagi kelihatannya enak. Teksturnya lembut, rasa coklat, eh ada taburan wijen yang buat nih roti tambah gurih. Paket komplit

    BalasHapus
  2. Paket komplit, ya, hemm roti klasik kayakk gini gak pernah ketinggalan jaman

    BalasHapus
  3. Bisa juga dibuat oleh-oleh roti kayak gini, istimewa banget kayaknya

    BalasHapus
  4. Aku ngiranya bakalan susah cari roti kayak gini eh ternyata pesannya mudah banget bisa pakai hp

    BalasHapus
  5. Ehmm kelihatannya enak apalagi kalau disantap sama teh hangat bersama keluarga pas banget

    BalasHapus
  6. ini kayak kue karamel gitu gak mbak? tapi kalau karamel gak ada toping biasanya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com