Alif Iqra, Rekomendasi Tempat Mengaji untuk Anak

Dear friends,

Kapankah waktu yang tepat untuk mengajar anak mengaji? Saya masih inget banget, dulu Ibu saya menitipkan saya kepada nenek untuk belajar mengaji saat saya masih duduk di bangku TK. Kebetulan nenek saya merupakan guru mengaji sekaligus pengasuh pondok pesantren di desa saya. Tak kurang 50 anak-anak usia sekolah, belajar mengaji pada nenek saya selepas maghrib. Tetapi ada juga yang belajar mengaji setelah sehabis sholat ashar. 

Saya sendiri memilih mengaji tiap habis maghrib karena siangnya saya harus belajar di TPQ (kalo jaman saya kecil dulu namanya "sekolah arab"). Di TPQ saya tidak hanya belajar menjagi tetapi juga belajar menulis huruf hijaiyah, tilawatil qur'an dan sholat. Saya juga ingat betul, saat itu saya harus sudah bisa membaca surah Yasiin, surah Waqiah dan Al Mulk. Dulu sampai hafal di luar kepala kalau disuruh baca tiga surah itu. Sekarang sih masih ingat, kalo dipancing dulu (hihi). 

tempat belajar ngaji untuk anak

Sekarang ini saya bersyukur sekali, sewaktu kecil dipaksa dan diharuskan belajar mengaji dari kecil karena sekarang bisa tilawah sendiri, meski kadang masih ada aja bacaan yang salah. Beberapa teman karib saya bahkan belum bisa mengaji hingga usia dewasa. Mereka mengaku kalau dulu tidak pernah diajari mengaji oleh orangtuanya. Duh, jadi sedih saya. Mereka baru sadar ketika usia sudah beranjak tua, baru belajar mengaji, dimana lidah sudah kaku tidak semudah ketika masih anak-anak. 

Sebagai orangtua dari 3 anak, saya ingin anak-anak saya menjadi generasi qur'ani. Anak-anak sedini mungkin saya ajarkan mengaji, bahkan sejak dalam kandungan selalu saya perdengarkan murottal. Anak-anak mulai belajar mengaji sejak mereka belajar bicara. Memang tidak semudah yang diucapkan, karena harus dipraktekkan setiap hari, setiap saat secara terus menerus.  

Saat anak pertama saya berusia 3 tahun, saya dan suami mulai mengajarinya mengaji menggunakan buku ngaji sejuta umat yaitu IQRO. Tak hanya mengaji di rumah, suami menitipkan anak saya di tempat mengaji milik ustadz yang tinggal di dekat rumah. 

Anak pertama saya mulai bisa membaca Al Quran sejak TK besar, tetapi baru khatam 30 juz pada waktu kelas 5 SD. Lumayan lama karena kami pindah ke kota lain, jadi belajar mengajinya sempat terhenti beberapa saat karena belum menemukan tempat mengaji yang cocok buatnya. Sembari menunggu mendapatkan tempat mengaji yang cocok, anak saya tetap melakukan tilawah tiap habis sholat maghrib. 

Rekomendasi Tempat Mengaji Privat untuk Anak

Sebagai orangtua, saya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak. Saya ingin anak-anak saya tak hanya pandai di bidang akademis, tetapi juga memiliki akhlakul karimah dan menjadi generasi yang dekat dengan Al Qur'an. Untuk itulah saya memasukkan anak kedua dan ketiga saya ke sekolah yang berbasis agama. Selain mempelajari ilmu yang bersifat umum, anak-anak juga dibekali dengan pendidikan agama. Di sekolahnya anak-anak juga mengikuti kegiatan ekstra tahfidz atau menghafal Al Qur'an. Alhamdulillah, anak kedua saya sudah hafal 2 juz, sedangkan anak ketiga sedang menghafal juz 30. 

rekomendasi tempat mengaji untuk anak

Meski sekolah lebih banyak online, tetapi kewajiban untuk setoran hafalan terus berlangsung. Setoran hafalannya pun dilakukan dengan video call. Hal itu dilakukan oleh pihak sekolah agar hafalan tetap terjaga dan makin bertambah ayat demi ayat setiap harinya. Selain di sekolah, di rumah pun anak-anak tetap harus belajar mengaji. 

Oh iya, saya punya rekomendasi tempat belajar mengaji privat untuk anak-anak loh. Siapa tahu, teman-teman butuh info ini ya. Tempat belajar mengaji privat untuk anak yang saya rekomendasikan adalah Alif Iqra. 

Alif Iqra merupakan Platform aplikasi yang dikelola oleh PT. Sahabat Alif Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan murid dan guru mengaji yang kompeten dan berpengalaman. Awalnya Alif Iqra merupakan program home privat Alif School yang berjalan dengan sistem offline sejak 2016. Tapi ternyata permintaan privat di beberapa daerah semakin meningkat, jadi akhirnya Alif School mulai merintis Alif Iqra di akhir tahun 2018 untuk memudahkan orang tua menemukan guru mengaji yang sesuai kebutuhannya. Alif Iqra ini bisa diakses melalui sistem aplikasi.



Alif Iqra ini merupakan tempat belajar membaca Al Qur'an secara privat yang sudah ada di berbagai kota besar, termasuk di kota Semarang. 

Selama masa pandemi, Alif Iqra menyediakan fasilitas mengaji secara online via zoom maupun Google Meet. Kita bisa memilih mau belajar mengaji secara langsung (tatap muka) atau secara online. Kita juga bebas memilih hari dan disepakati bersama tutornya. 

Alif Iqra memiliki banyak tutor yang berpengalaman dan terdiri dari para pengajar muda yang kreatif dan terbuka serta memiliki sertifikasi mengajar Alif Iqra. Nah, sertifikasi ini bisa diperoleh tutor setelah memenuhi berbagai persyaratan, antara lain :

1. Lulusan pondok pesantren, agar menjamin pengetahuan dasar keagamaan.

2. Mengikuti Microteaching dengan jaminan minimal 180-450 menit class handling.

3. Memiliki sertifikasi metode pengajaran Al-Qur'an yang diakui secara nasional.

4. Mengikuti pelatihan dasar psikologi anak dan bahasa Inggris.

Saat ini Alif Iqra sudah memiliki 300 guru dan hadir di Jabodetabek, Makassar, Pontianak, Medan, Lampung, Pekanbaru, Malang, Cirebon, Bandung, Surabaya hingga Yogyakarta. Di tahun 2019 lalu, Alif Iqra sudah memiliki 368 murid. Kalo sekarang pastinya lebih banyak lagi. Saya juga melihat ada beberapa anak artis yang belajar mengaji privat di Alif Iqra. Waah, ternyata sudah banyak yang mengenal Alif Iqra, ya. 

Alif Iqra tidak hnya mengajar ngaji anak-anak saja. Remaja bahkan orang dewasa pun bisa belajar mengaji di sini. 

Seperti sabda Rasulullah SAW “Siapa saja membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia."

Yuuk, Ayah Bunda, jangan sampai terlambat mengajarkan anak-anak kita untuk mengenal Al Qur'an, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Jadikan generasi penerus kita sebagai generasi Qur'ani yang berakhlakul karimah yang bisa mengantarkan kita ke surganya Allah SWT. Aamiin. 




Posting Komentar

3 Komentar

  1. Wah bagus ini untuk tempat mengaji si kecil apalagi sekarang sulit untuk mencari tempat ngaji untuk si kecil, kadang kalaupun ada si kecil gak cocok dan malas mengaji.

    BalasHapus
  2. Ini nih yang dicari-cari, di saat ada yang online kayaknya kita juga lebih mudah memantau dan si kecil pasti tidak bosan apalagi malas.

    BalasHapus
  3. Jadi ingat dulu aku kalau ngaji lebih banyak jajannya daripada ngaji, kalaupun ngaji gak serius karena banyak ngobrol sama teman.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com