Ketahui Potensi dan Kemampuan si Kecil Melalui Tes Sidik Jari di MS Learning & Grow

 Dear friends,

Anak merupakan anugerah dan harta paling berharga bagi sebuah keluarga. Tentunya sebagai orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Mulai dari kecukupan gizi dan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya hingga pemenuhan hak nya akan pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan agamanya.


Saya sendiri sadar, tidak bisa mendidik sendiri anak-anak saya. Oleh karena itu, saya dan suami berusaha memasukkan anak-anak ke lembaga pendidikan yang seimbang antara akademis dan agamanya. Memang biaya lebih besar dari sekolah biasa, tetapi insyaAllah bisa lah jika kita berusaha. Selain itu, sebagai orang tua juga harus mengetahui potensi dan bakat apa yang dimiliki anak-anak.

Anak pertama dan kedua saya pernah melakukan tes bakat minat di sekolahnya. Mereka berdua sudah ketahuan bakat, minat dan potensinya di bidang apa. Kalau si kakak, lebih cenderung berbakat di bidang seni. Si anak kedua juga ada potensi di bidang seni, hanya saja lebih ke seni suara. Kalau si kakak biasanya suka menggambar kartun manga atau melukis di atas canvas. 

Tes Sidik Jari di MS Learning & Grow

Sedangkan untuk putri ketiga saya, Rara, saya belum mengetahui potensi, bakat dan minat apa yang dimilikinya. Sebab itulah saya mencoba mencari tahu melalui MS Learning & Grow. Saya mendaftarkan anak saya dan langsung mencoba tes sidik jari. 

Setelah mendaftar dan mengunggah foto sidik jari anak saya, nggak berapa lama keluarlah hasil  analisanya. 




Setelah saya baca dengan seksama, hasil analisa dari MS Learning & Grow memang sesuai dengan karakter Rara. Dijelaskan pula, apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kelemahan pada karakter ini. 

Agar lebih yakin akan hasil tes nya, saya dan Rara pun konsultasi hasil tes ini dengan orang yang berkompeten di bidangnya melalui zoom meeting. Senin sore, pukul 15.30-16.00 WIB bersama mba Tya Gustiana. 

Mba Tiana bertanya bagaimana hasil tes sidik jari Rara, lalu menjelaskan maksud dari hasil tes tersebut dengan detail. Saya merasa, sebagian besar hasil analisa sidik jari pada Rara memang benar adanya. 

Hasil tes sidik jari Rara menyebutkan bahwa Rara memiliki variasi karakter Compliance Dominance. Maksudnya seseorang dengan karakter tersebut adalah orang yang fokus pada tugas yang diberikan padanya. Caranya melihat permasalahan detil dan terstruktur, karakternya kuat dan kadang tampak kaku dalam penyelesaian masalah dan pendekatan sosial. 

Cara bicaranya tenang dan percaya diri, menggunakan bahasa yang langsung dan teratur. Anak dengan karakter seperti ini lebih menyukai belajar dengan suasana tenang, formal dan lebih menyukai diskusi dua arah secara privat. Kenyamanan belajarnya ditentukan oleh lingkungan dan penyampaian yang aplikatif dengan contoh-contoh nyata berdasarkan faktadalam pembelajaran agar mudah dipahami. 

Nah, ada beberapa tips untuk menghadapi si Compliance Dominance si designer ini, antara lain :

• Karakter khusus 

Kurang tertarik bersosialisasi dengan kelompok besar dan kurang menaruh empati

• Solusinya : Memberi stimulus untuk meningkatkan empati seperti diskusi mengenai sudut pandang orang lain.

• Karakter khusus

Menyukai untuk mengerjakan semua pekerjaan sendiri agar cepat dan sesuai standar yang dimilikinya sendiri

• Solusinya : Sampaikan bahwa berbagi peran itu perlu dilakukan, belajar menahan diri untuk dapat memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan tugasnya dulu.

• Karakter khusus

Menaruh harapan yang tinggi pada orang lain dan juga dirinya sendiri dengan cara memberikan informasi yang banyak sekali pada orang lain dan harapan besar pada orang lain untuk memenuhi standarnya. 

• Solusinya : Katakan dengan pelan-pelan dan satu persatu, sampaikan apa yang ia inginkan, tidak perlu sekaligus disampaikan. Orang dengan karakter ini perlu tahu bahwa tidak semua keinginannya bisa terwujud.

Karakter Compliance ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang masih bisa diperbaiki. 

Strength Potential

Mengutamakan kualitas dan akurasi

Perlu data dalam mengambil keputusan

Cara berpikirnya terstruktur

Menganalisa dengan logis dan mendalam

Weaknes Potential

Sulit menerima standar yang berbeda

Sulit menerima perubahan mendadak

Memiliki batasan privasi yang tinggi

Terlalu waspada/ takut membuat kesalahan

Compliance memiliki arti taat. Orang Compliance sesuai dengan arti katanya adalah orang yang memiliki kebutuhan untuk melaksakanan sesuatu sebagaimana aturan yang berlaku. Seperti apa bentuk ketaatan yang didefinisikan pada orang Compliance? Compliance adalah pribadi yang terorganisir, cara berpikir orang Compliance tertata dan teratur. Compliance adalah pemikir yang kritis, memiliki analisa yang dalam pada suatu hal dan permasalahan. 

Compliance bingung pada sesuatu yang tidak terstruktur dan tidak tertata. Kebingungan ini biasanya ditampilkan dengan sikap protes pada hal yang tidak tersistem, tidak terorganisir dan janji yang tidak ditepati. Keteraturan ini pada banyak orang Compliance ditunjukkan dengan menginginkan rutinitas yang biasa dan tidak banyak berubah sehari-hari. Jika ada yang berubah maka akan lebih baik jika ada penjelasan dulu di awal agar orang Compliance bisa bersiap-siap akan perubahan dari apa yang telah direncanakan. Perilaku dan cara berpikir sistematis dan teratur ini tampak semakin jelas pada Compliance yang sudah dewasa. 

Pada Compliance yang masih berusia anak biasanya standar ini belum semuanya muncul karena keterbatasan anak menyampaikan apa yang diinginkan dan belum benar-benar mampu menyampaikan apa yang dipikirkannya dengan jelas. Pada anak-anak, karakter Compliance biasanya hanya muncul pada perilaku tertentu seperti menyukai rutinitas yang sama, jika menginginkan suatu barang atau mainan mesti sesuai dengan apa yang ada dibayangan anak, melakukan sesuatu sebagaimana seharusnya, cemas pada aktivitas yang belum jelas, enggan melakukan hal yang coba-coba, sudah memikirkan jauh rencana ke depan dan tidak nyaman pada perubahan yang tiba-tiba. Rangkaian karakter ini menunjukkan bagaimana orang Compliance memiliki standarnya sendiri, taat pada apa yang menjadi peraturan dan kesepakatan bersama. Terlalu berhati-hati dalam mengambil keputusan karena banyaknya pertimbangan terlalu dalam. 

Compliance cenderung tenang, menyalurkan emosinya ke dalam diri mereka bukan ke luar sehingga tampak tidak berapi-api. Informasi yang didapat dari luar dirinya seperti misal ; nasehat, kritik, opini, permasalahan, dan segala macam informasi dari luar dirinya akan disimak dan diinternalisasi dengan baik, didalami dan dianalisa dengan cukup dalam sebelum memberikan respon. Compliance bukan orang yang mudah memberikan opini spontan, apa yang disampaikan perlu dipikirkan dulu dengan seksama. Sikap ini juga membuat Compliance lebih mudah memahami situasi yang terjadi di sekitarnya atau melihat sekitar dengan lebih sensitif, cermat karena kemampuan analitikalnya yang dalam. 

5 Gaya Komunikasi Compliance

Cara berbicara dengan Compliance

Pada beberapa anak Compliance terkesan tidak ada opsi lain saat anak Compliance sudah memutuskan sesuatu. Dibutuhkan pendekatan atau diskusi perlahan-lahan saat berbicara dengan Compliance. Pernyataan yang langsung terus terang, mengancam, membandingkan akan mengusik Compliance, jangankan mengikuti ia malah makin menujukkan sikap membangkang. Sampaikan penjelasan yang beralasan seperti apa yang kita harapkan darinya. Penjelasan yang berdasarkan data, fakta, kebutuhan yang tersampaikan dengan sistematis mudah diterima oleh Compliance. Compliance cukup sulit menerima instruksi yang tidak teratur, berubah-rubah dan tidak sistematis. Bisa jadi saat Compliance tidak mengikuti instruksi yang diberikan karena instruksi yang disampaikan kurang terstruktur.

Cara menghadapi sikap Compliance

Hati-hati dan analisa adalah sikap yang dimiliki Compliance saat mengambil keputusan sehingga keputusan yang diambil memerlukan waktu yang lama karena memerlukan analisa mendalam. Bahkan seringkali terlalu banyak pertimbangan sehingga sangat berhati-hati mengambil keputusan. Hindari menekan dan memburu-buru Compliance saat sedang membuat keputusan. Berikan informasi yang detil mengenai apa yang Compliance perlu lakukan. Orang tua juga perlu berkomitmen dengan apa yang telah disampaikan dan dijanjikan karena Compliance sulit menerima rencana yang berubah-ubah. Jika memang harus berubah tawarkan pilihan dan alternatif lain sebagai pengganti.

Cara Compliance merespon konflik

Jika melihat Compliance menarik diri saat berhadapan dengan konflik, begitulah cara Compliance merespon konflik yang hadir di dirinya. Konflik disimpan di dalam pikirannya sendiri, mencoba memikirkan sendiri konflik yang menghampirinya. Pada orang tua jika melihat anak Compliance ngambek, menolak, bisa jadi anak sedang memendam konflik dalam dirinya. Menanyakan secara langsung bukan sebuah komunikasi yang nyaman bagi Compliance, akan lebih baik jika orang tua membuka pembicaraan lain terlebih dulu sebelum masuk ke dalam inti pertanyaan. Sementara pada Compliance dewasa biasanya memiliki kemampuan mengontrol diri yang sdauh lebih baik yang membuat tampak tidak meledak-ledak, cenderung tenang dan dapat mengontrol situasi konflik. Menarik diri dari orang lain saat situasi tidak nyaman untuknya juga bagian Compliance menghadapi konflik. Tidak perlu resah ketika Compliance menarik diri saat sedang dalam konflik, jangan juga terlalu memaksa Compliance terbuka, saat situasi lebih baik Compliance akan kembali membuka dirinya.

Gaya Belajar

Gaya analitikal yang dimiliki Compliance membuatnya lebih nyaman belajar dalam situasi tenang, cenderung privat dan personal dibanding belajar dalam kelompok besar. Guru dan teman belajar yang mampu membangun suasana diskusi efektif untuk Compliance belajar, Compliance memiliki banyak pertanyaan apa dan kenapa di dalam pikirannya dengan demikian ia perlu teman diskusi dan guru yang akan menjawab pertanyaan dengan diskusi-diskusi dua arah. 

Cara berpikirnya praktis, sehingga saat mengajari anak Compliance berikan contoh praktis dalam kehidupan sehari-hari pengetahuan yang disampaikan itu digunakan untuk apa. Misal pada pelajaran berhitung, berikan contoh praktis kegunaan ilmu hitung digunakan untuk apa dalam kegiatan sehari-hari. Alat peraga juga penting bagi Compliance, mengulang-ulang latihan soal, praktik sampai merasa mahir. 

Compliance memiliki rasa ingin tau yang tinggi pada pengetahuan dan wawasan yang ia sukai, dorong dengan memberikan fasilitas bacaan dan tayangan yang ia sukai maka dengan sendirinya ia akan menambah wawasannya. Compliance memiliki ekspektasi pada apa yang dia kerjakan sehingga kita akan melihat Compliance mengoreksi sendiri apa yang dikerjakannya sampai merasa cukup baginya. 

Compliance berpikir dengan terstruktur dan detil, banyak Compliance yang keteraturannya sampai kepada perilaku menyusun barang -barang pada tempatnya, tidak suka jika tidak dikembalikan ke tempatnya, dan tau jika barang miliknya berubah posisi atau berubah tempat. Pastikan situasi belajar Compliance mendukung keteraturan cara pikirnya, tempat, posisi alat tulis, meja dan lainnya dapat terjangkau dan telah siap tidak bepencar.


Membuat Termotivasi

Kualitas adalah hasil yang diinginkan oleh orang Compliance, pekerjaan yang dilakukan mesti persisi, tepat dan akurat. Compliance memiliki standar sendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya, dengan demikian hasil bukan satu-satunya motivasi belajar Compliance tapi juga proses yang rapih, sesuai standar dan sempurna. Jika sudah melakukan yang terbaik versinya maka Compliance sulit sekali menerima kritik atas usahanya. 

Untuk itu berikan kritikan dengan kalimat yang mengangkat dulu baru memberi masukan. Langsung mengkritik membuat Compliance demotivasi dan terusik. Compliance kurang toleransi pada kesalahan apalagi jika mempengaruhi kualitas, tingginya standar yang ditetapkan membuat Compliance nyaman bekerja sendiri daripada mempercayakan tugasnya pada orang lain. Berikan pujian pada kualitas yang dihasilkan Compliance, ia menyukai pujian pada keakuratan yang dilakukannya.

Lengkap banget ya deskripsi hasil tes sidik jari Rara. Sebagai orang tua, saya puas dengan hasil tes sidik jari ini. Saya jadi tahu dengan detil karakter anak saya dan bagaimana harus memperlakukannya. Aya juga tahu bagaimana untuk mengarahkannya kepada hal yang lebih baik. Saya juga jadi belajar banyak hal mengenai karakter ini. Saya merekomendasikan MS Learning & Grow kepada para orang tua yang ingin mengetahui bakat, minat dan potensi anak-anak. 

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Wah menarik banget belajar dengan ini, pasti si kecil semakin semangat belajarnya dan dengan mudah bisa menguasai materi. Mantep!

    BalasHapus
  2. Wah saya baru tahu Mbak kalau lewat sidik jari tersimpan juga peta karakter kita. Nah kalau sudah teruji metodenya, lebih mudah mengarahkan anak sesuai bakat dan kecenderungannya ya. Mereka gak perlu stress mengikuti harapan orang tua, karena orang tua juga sudah ngerti karakter anaknya..

    BalasHapus
  3. Ternyata sidik jari bisa juga untuk melihat karakter orangnya yaaa. Selama ini kalo udah denger sidik jari taunya bisa utk melacak penjahat 😁. Salut Ama banyak aplikasi skr yg semakin canggih.

    BalasHapus
  4. Aku sempet download aplikasinya, tapi cuma sampe voucher, belum nerusin lagi. Mau tahu dulu tadinya berapa biaya utk membeli voucher ��. Makanya kemarin sempet cari tahu harganya berapa, dan bagaimana bentuk reportnya.

    Menarik sih aplikasi ini. Baru tahu kalo sidik jaripun bisa menilai sifat manusia

    BalasHapus
  5. WOW aplikasinya kece yaa, detail jadi paham potensi buah hati dan lebih mudah mengarahkannya.

    BalasHapus
  6. Inget dulu pernah dikasih gratisan juga dari brand susu tapi kudu belanja minimal bbrp ratus ribu gitu jadi skalian deh saat itu keluar juga hasilnya walau agak lama namun jd pengalaman seru dan sekarang udah ada aplikasinya makin asik ya biasanya buat anak anak balita nih

    BalasHapus
  7. Kalau sudah mengetahui basic character dari anak melalui MS Learning & Grow jadi mudah memahami yaa..
    Panduan banget untuk mengenal karakter dasar ananda dalam belajar.

    BalasHapus
  8. Menarik ya cara analisis kepribadiannya, pakai sidik jari. Kebetulan baru tahu juga ada cara semacam ini. Selain itu penjelasannya juga lengkap dan mudah dimengerti ya.

    BalasHapus
  9. Masya Allah ... dengan adanya tes sidik jari seperti ini, kita lebih bisa mengarahkan anak sesuai dengan potensi yang ada dalam dirinya ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Menarik juga ya tes sidik jari ini, seingatku Nailah yang pernah mencoba metode ini, memang membantu kita untuk lebih mengenal potensi dan bakat anak, termasuk kelebihan dan kekurangan mereka ya

    BalasHapus
  11. Jamanku dulu belum ada teknologi semacam ini. Sekarang makin keren. Semoga bisa membantu anak untuk menemukan bakat dan potensi diri

    BalasHapus
  12. Aku juga nyoba nih tes sidik jari di MS Learning and Grow ini. Alhamdulillah deh dapat banyak masukan yang bisa aku terapkan ke anakku.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com