Perlengkapan Bayi yang Perlu Ada Sebelum Melahirkan

Dear friends,

Meski saat ini saya tidak dalam kondisi hamil, tapi mengingat masa-masa kehamilan sungguh suatu hal yang menyenangkan. Bahkan terbersit keinginan untuk bisa merasakan hamil lagi, tapi apa daya usia saya sudah tidak memungkinkan untuk hamil lagi (meskipun apa sih yang mustahil bagi Allah). 

Usia di atas 40 tahun merupakan usia yang berisiko tinggi bagi perempuan untuk hamil. Ya meskipun banyak juga perempuan berusia di atas 40 tahun masih bisa hamil. 

Sejak menikah 22 tahun lalu, saya memiliki 3 putra dan putri yang lahir pada tahun 2001, 2006 dan 2012. Hamil 3 anak dengan kondisi yang berbeda-beda juga. Sewaktu hamil pertama, usia saya masih sangat muda yaitu 21 tahun. Masih bingung dengan kondisi mood yang sering berubah. Hamil kedua, saya bekerja sebagai guru di sebuah Taman Kanak-Kanak. Kehamilan saat itu saya merasa sangat aktif, tetapi sering menderita sakit gigi. Tapi, alhamdulillah bayi saya lahir dengan sehat. 


kehamilan ketiga saya adalah kehamilan yang tidak terduga. Meski tidak KB, saya dan suami sangat berhati-hati menjaga agar saya tidak hamil. Awalnya saya sudah merasa cukup dengan sepasang anak saja, akan tetapi Allah memberikan rezeki pada saya untuk hamil lagi. Saat itu saya sedang studi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini, semester 7. 

Saat itu, saya tetap kuliah dan tidak mengambil cuti hingga melahirkan. Sambil mengurus bayi, saya mengerjakan skripsi sekaligus KKN dan PKL. Saya rela berlelah-lelah, bersusah payah daripada harus cuti dan menunda wisuda. Akhirnya, setelah berjuang selama setahun lebih mengerjakan skripsi, KKN dan PKL  akhirnya saya lulus dengan predikat cumlaude. 

Selama hamil, saya sangat sibuk dengan urusan kuliah, namun tak lupa mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melahirkan. Karena waktu saya tinggal berjauhan dengan suami. Suami tinggal di Semarang, saya tinggal di Purworejo. Jadi, mau tidak mau saya harus nyicil menyiapkan semua keperluan sendiri. Perlengkapan bayi yang perlu ada, diantaranya pakaian bayi, selimut-selimut, bedong dan perlengkapan bayi lainnya. 

Nah, beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melahirkan, antara lain :

Menentukan Rumah Sakit atau Tempat Bersalin

Seperti dua kelahiran sebelumnya, saya dan suami memutuskan untuk melahirkan di rumah sakit bersalin tempat saya biasa memeriksakan kehamilan. Kebetulan, dokter yang membantu saya bersalin adalah dokter yang biasa memeriksa saya, jadi sudah paham kondisi kesehatan saya dan bayi. 

Mempersiapkan Barang yang Perlu Dibawa

Mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan juga perlu dilakukan dari jauh-jauh hari, sehingga barang-barang tersebut tidak akan terlupa atau tertinggal.

Berikut adalah beberapa barang keperluan ibu dan adek bayi yang perlu dibawa ke rumah sakit menjelang kelahiran:

  • Pakaian yang nyaman untuk persalinan
  • Ikat atau jepit rambut
  • Peralatan mandi
  • Pakaian dalam ganti
  • Jam tangan, guna melihat seberapa sering kontraksi yang Bumil alami
  • Bra khusus menyusui
  • Pembalut khusus ibu melahirkan, setidaknya 2 atau 3 bungkus, untuk menyerap banyak darah yang keluar setelah melahirkan
  • Perlengkapan bayi, seperti baju, popok, selimut, sarung tangan, kaus kaki, dan keranjang bayi

Memilih Cara Melahirkan

Metode melahirkan ada beragam dan masing-masing metode tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi ibu dan janin atau preferensi ibu, jika kehamilan yang dijalani tidak bermasalah. Untuk menentukan metode persalinan yang paling aman, ibu hamil bisa berkonsultasi ke dokter saat menjalani pemeriksaan kandungan. Saya memilih melahirkan dengan normal (pervaginal) karena saya merasa mampu dan dokter pun menyarankan demikian. 

Konsultasi dengan Dokter

Sebelum melahirkan ada baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk menentukan metode melahirkan yang tepat bagi ibu hamil dan memeriksakan kondisi calon bayi yang akan dilahirkan. 

Mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melahirkan wajib sekali dilakukan, agar proses melahirkan berjalan dengan lancar. 

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Wainiii, wajib saya kasih ke kakak yang lagi hamil. Perlu tahu barang-barang yang mesti disiapkan untuk melahirkan. Kalau udah ada persiapan kayak gini, hati tenang ya mbak, terus pas hari H tinggal bawa aja deh tas yang isi semua perlengkapan ini.

    BalasHapus
  2. ah aku jadi kembali mengenang masa-masa hamil 11 tahun yang lalu, segala hal aku persiapkan dengan baik, bahkan aku bikin listnya lho termasuk nama anak

    BalasHapus
  3. masya Allah mbaa mengerjakan skripsi sekaligus KKN dan PK yaaa. Aku bayangin lagi hamil dengan tugas itu, wah semuanya udah dilewati. Alhamdulillah anak2 udah gede2 ya sekarang mbaaa. . 3 anak juga, lakinya cuma 1, formasinya aku jg gini hihi. Persiapan penting sebelum melahirkan. Waktu anak pertama disiapin sama ibu mertua dan mamah juga gugling listnya.

    BalasHapus
  4. bener-bener jadi throwback ke masa silam nih mbaa :)
    pas hamil thn 2006 daku juga melakukan hal2 seperti ini
    seruuu ya hamil ituh ternyataaa

    BalasHapus
  5. Wah jadi inget juga perjuangan saya dulu kuliah nyusun skripsi sambil hamil gede. Pas lahiran cesar baru 2 minggu lahirang saya sidang. Trus ninggalin anak dengan perasaan deg degan takut asinya ga cukup hihihi 😂. Mirip kita ya mba.

    BalasHapus
  6. Momen melahirkan itu sangat dinanti-nantikan, perlu persiapan yang matang untuk menjalaninya. Begitu udah melahirkan rasanya plong ya, Mbak

    BalasHapus
  7. Mengingat ingat masa hamil melahirkan membuat saya bersyukur karena Allah mudahkan. 12 th lalu meski dg cara di pacu transvaginal (memasukkan obat ke vagina) tidak lama mulas dtg dan lgs lahir. Serasa mimpi krn sudah lebih hpl blm lahir keRS masih happy2 stlh di pacu masih blm mulas baru setelah 7 jam baru mules.

    Anak kedua juga persis sama dg anak pertama kejadiannya bersyukur sekali di mudahkan.

    BalasHapus
  8. ngomongin masa kehamilan itu nempel banget yah padahal anak udah gede, hihi. Kalau aku, anak pertama persiapan matang karena disiapkan ibuku. Pas anak kedua dadakan disuruh melahirkan jadi bawa seadanya aja. Packing ngebut sebelum ke RS.

    BalasHapus
  9. wah sama, 3 kali hamil dan melahirkan dengan kondisi yang berbeda. Memang ya mau melahirkan dimana dan bagaimana metodenya harus dipersiapkan juga sejak awal. Seingat saya dulu malah ada selembar informasi yang diisi, tentang rencana melahirkan dimana dan siapa yang akan membantu persalinan

    BalasHapus
  10. Masya Allah, Mba Ika, hebat banget. Pas hamil ketiga luar biasa sekali tantangannya. Luar biasa banget.

    Kalau saya baru pertama kali melahirkan kemarin persiapannya banyak yang ngebantu, mungkin karena cucu pertama di keluarga saya, jadi semuanya antusias banget.

    Rencana melahirkan kemarin saya juga persiapkan dari awal, mau di mana.

    BalasHapus
  11. Perlu dicontoh ini mempersiapkan semuanya sejak awal. Pengalaman saya aja padahal perasaan udah mempersiapkan semua tapi pas mau lahiran malah merasa gugup gak tentu. Semua jadi serasa lupa. Hahaha...
    Sebaiknya di list gitu ya jadi tinggal lihat catatan meski sedang gugup juga tetap bisa dilihat

    BalasHapus
  12. Iya akupun dulu saat usia 8 bulanan, udah siap2 semuanya d dalam tas jadi tinggal bawa pas kerasa mules2

    BalasHapus
  13. Wah iya, baca ini jadi ingat dulu saat hamil
    Menjelang persalinan akan ada hal hal penting yang harus dipersiapkan ya mbak

    BalasHapus
  14. Bun makasih banget ini yang kubutuhkan sekali nih.
    lengkap dan komplit, doain juga ya bun persalinanku lancar aamiin

    BalasHapus
  15. Semangattttt jadinyanya kalau punya banyak banget liat perlengkapan gini. Jadi tau apa saja yang harus diperbaiki buat banyak orang.

    BalasHapus
  16. Jangan lupa, kalo beli baju bayi sebaiknya newborn nya jangan banyak-banyak. Karena cuma kepake 2 minggu pertama aja hehehe.

    BalasHapus
  17. Bisa dibilang menikah muda ya, mbak? Tapi sekrang senang, anak2 udah pada gede2, ya. Aku jadi ingat pas hamil pertama sering banget googling masalah kebutuhan bayi baru lahir. Hahaha.

    BalasHapus
  18. Penting banget ini ya perlengkapan bayi sebelum lahiran karena kalau tidak lengkap bisa menyulitkan sekali nantinya. Tapi aku kalau beli untuk bayi baru lahir sikit-sikit, Mba, sebab cepet gede bayinya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com