All about my life

Thursday, 25 August 2016

Menjelajah Wisata di Atas Awan

Dear Friends,
Sebenarnya saya termasuk orang yang doyan traveling. Bahkan dulu saya sering melakukan solo traveling, meski hanya sehari. Demi menghilangkan stres karena beban pekerjaan, saya sering melakukan perjalanan "get lost for a day". Jadi, saya pergi tanpa tujuan jelas. Kayak ngilang, gitu deh. Gilak ya. Iya, tapi itu dulu. Bertahun-tahun lalu ketika masih lajang. Namun, sejak menikah dan memiliki anak saya jadi jarang traveling. Maklum, saya tidak sendiri lagi. Ada anak-anak dan suami yang menjadi prioritas. Padahal hasrat untuk traveling begitu menggebu.

Mungkin paham akan kegelisahan istrinya *tsah , akhirnya suami saya menawarkan untuk traveling barang sehari ke lokasi wisata yang tidak terlalu jauh dari Semarang. Setelah berembug dengan anak-anak, akhirnya diputuskan bahwa kami akan berwisata ke Umbul Sidomukti. Destinasi wisata ini bisa ditempuh dalam waktu dua jam saja dari kota Semarang.

Kami sengaja berangkat pagi-pagi untuk menghindari macet. Selain itu, supaya bisa puas menikmati keindahan alam di lokasi wisata nanti. Perjalanan di pagi hari sangat lancar, bahkan diluar perkiraan karena tidak sampai dua jam kami tiba di Umbul Sidomukti. Lokasi wisata ini terletak di desa Sidomukti, kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Daerah ini merupakan tempat wisata yang sangat recomended bagi yang suka wisata alam. Lokasi wisata yang berdekatan dengan Umbul Sidomukti antara lain Candi Gedong Songo, Curug 7 Bidadari, Bandungan Indah Waterboom, Wisata Kuliner Pemancingan Blater, Bukit Cinta Banyubiru, Klenting Kuning Sumowono dan masih banyak lagi. Namun karena keterbatasan waktu, kami memutuskan untuk mengunjungi Umbul Sidomukti saja.

Udara dingin berhembus, menyambut kedatangan kami di Umbul Sidomukti. Berada di ketinggian 1200 mdpl dan berada diantara gunung Ungaran, gunung Andong, gunung Merbabu dan gunung Telomoyo, tak heran kalau hingga siangpun udara masih sejuk. Di lokasi parkir, banyak para pemilik kuda yang menawarkan jasanya untuk berkeliling menaiki kuda. Dengan membayar 25 ribu, kita sudah diantar berkeliling lokasi. Lumayanlah, daripada capek jalan. 

Dokpri : Asyiknya naik kuda
Lokasi wisata Umbul Sidomukti ini juga diapit dua jurang di kedua sisinya. Selain menawarkan keindahan alam, Umbul Sidomukti juga memiliki beberapa wahana permainan yang mampu memacu adrenalin seperti flying fox, marine bridge, ATV hingga camping ground dan kolam renang dengan mata air Tuk Ngetihan yang berasal dari mata air gunung Ungaran. Ssstt, katanya kalau mandi di kolam ini bisa awet muda, loh. Duuh, nyesel kenapa kemarin nggak nyemplung di sana. Siapa tahu kan, saya jadi lebih muda setelah mandi di kolam itu. Hihi.

Dokpri : Sejumlah permainan yang bisa dipilih
Meski matahari beranjak tinggi, tetapi udara dingin masih cukup menusuk kulit. Anak-anak yang tadinya antusias ingin berenang mengurungkan niatnya karena airnya sangat dingin. Padahal sejak awal mereka sangat ingin berenang di sana. Apa daya, nyali jadi ciut begitu menyentuh dinginnya air kolam di Umbul Sidomukti.

Dokpri : Pemandangan alam di Umbul Sidomukti yang mempesona
Dokpri : Akhirnya hanya bermain di pinggir kolam
Untuk mengobati kekecewaan anak-anak karena tidak jadi berenang, sayapun menawarkan pada anak-anak untuk mencoba bermain di wahana lain. Akhirnya anak-anak memilih untuk mencoba flying fox. Sebenarnya saya agak ngeri, karena lintasan flying fox sepanjang 110 meter ini dengan ketinggian 70 meter dari titik terendah lembah. Flying fox ini menyeberangi lembah dan berpindah dari lereng bukit yang satu ke lereng lainnya. Namun tak sedikitpun  rasa takut terlihat di wajah anak-anak. Ya sudahlah. Toh, pengelola wisata di Umbul Sidomukti juga telah menyiapkan peralatan yang aman digunakan. Jadi, hilang sudah rasa was-was ini.

Dokpri : Si kakak dapat giliran pertama
Dokpri : Yeaay..terbaaang
Dokpri : Giliran si mas bersiap terbang

Dokpri : Yeaay, si mas berani
Setelah puas dengan permainan flying fox, kami memutuskan untuk naik lagi menuju Pondok Kopi. Lokasinya kira-kira 1 kilometer dari Umbul Sidomukti. Di kawasan ini ada beberapa resto dan penginapan dengan view yang begitu memanjakan mata. Di sepanjang kanan kiri jalan, kebun-kebun sayur hijau terhampar. Sementara di kejauhan bukit-bukit dan gunung berselimut awan berdiri menjulang. 

Dokpri : Memandang di kejauhan
Beberapa resto di atas Umbul Sidomukti memang menjual view dan suasana, termasuk salah satunya Pondok Kopi ini. Siapa yang tak tertarik pada tempat ini. Di sini kita bisa memandang kota dari kejauhan. Seolah-olah kita sedang berada di sebuah negeri diatas awan. Kalau malam tiba, kita seperti memandang bintang-bintang bertaburan. Sungguh, romantis bukan?

Dokpri : Suasana Pondok Kopi
Pondok Kopi ini selalu menjadi tujuan untuk hangout bagi orang-orang yang ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-harinya. Sayang, waktu berjalan cepat. Tak terasa sudah seharian kami berada di Umbul Sidomukti. Sungguh betah rasanya berlama-lama di sini. Seperti enggan beranjak dari tempat ini. Semoga bisa kembali lagi dan tinggal lebih lama suatu hari nanti.

Dokpri : Sayang fotonya gelap
Agenda saya berikutnya adalah traveling ke luar pulau. Ini merupakan agenda luar biasa, karena akan jadi pengalaman pertama saya traveling ke luar pulau Jawa. Luwuk Banggai yang terletak di propinsi Sulawesi Tengah menjadi  pilihan saya. Ide ini muncul karena foto-foto yang dikirim oleh sahabat saya yang kini bermukim di sana. Sahabat saya itu mengirimi beberapa foto destinasi wisata di daerah Luwuk dan sekitarnya. Saya langsung jatuh cinta pada pantai-pantainya begitu melihatnya. Saya membayangkan betapa asyiknya berjalan di tepi pantai sambil menikmati semilir angin dan air kelapa muda. Oooh, surgaaa.

Photo by Cipta Wira : Pantai Kilo Lima
Photo by Cipta Wira : Tinalapu Island
Untuk menuju kota Luwuk Banggai ada dua cara yaitu melalui jalur udara dan jalur laut. Tentu saja untuk menghemat waktu, saya harus melalui jalur udara. Mau tak mau saya harus mulai hunting tiket pesawat untuk menuju Luwuk Banggai. Berhubung tidak ada pesawat ke Luwuk dari Semarang, maka saya harus berangkat melalui Surabaya menuju ke Luwuk. Ternyata untuk sampai ke kota Luwuk saya harus transit terlebih dahulu di kota Makassar, baru kemudian melanjutkan penerbangan ke  Luwuk.

Pesawat yang melayani rute penerbangan ke Luwuk dari Surabaya salah satunya adalah Sriwijaya Air.  Harga tiketnya masuk akal, bahkan selalu ada promo tiket murah. Coba deh, cek di Airpaz.

Banyak promo tiket di Airpaz
Pesona alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Untuk itu, buktikan cinta kita pada tanah air dengan berwisata di dalam negeri dan menjaganya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "Aku Cinta Indonesia" yang diselenggarakan oleh Airpaz.


60 comments:

  1. Yang pic suasana pondok kopi dari atas terlihat bagus banget pepohonannya. Terpola ya mbak.
    Repot kalau ngomongin pesona alam Indonesia mbak, bagus-bagus oengen dicicipi semua, hehe. Apa-apa cantik, baru liat aja langsung ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya mbak Lidha, kayak saya pengen kemana-mana jadinya

      Delete
  2. cakep bgd sih pemandangannya mbk ikaaaa, langsung seger mah kalau lihat beginian,
    ditunggu postingannya ttg luwuk ya mbk ika, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul Muma, aku aja betah disana. Semoga nanti terlaksana ke Luwuknya. Doain ya Muma ;)

      Delete
  3. Duh, asyik banget sih tempatnya...
    Dan itu pada berani main flying fox sih, kereeeeen!
    *sendirinya suka gampang cemen hehe*

    Jadi pengen juga nih main2 ke Luwuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, anak-anakku ga ada takut2nya Bi. Kalo emaknya sih rada ngeri kalo liat ke bawah.
      Yuuk, ke Luwuk bareng

      Delete
  4. wuihh cakep ya umbul sidomukti, aku keder mba dengan jalanannya yang jurang2 jadi blom mampir kesana hahaha semoga kesampaian yaa ke Luwuk aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep mbak Dew, tapi kalo kesana naik mobil kudu lihai sih nyetirnya..hehe

      Delete
    2. Aamiin, semoga segera bisa ke Luwuk :)

      Delete
  5. saya pernah ke bandungan, tapi rasanya ke umbul sidomukti belum pernah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, padahal dekat loh sama Bandungan
      Semoga bisa ke Umbul Sidomukti ya mbak ;)

      Delete
  6. Traveling mah selalu happy ya pesona Indonesia memang memikat hati ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Vit...setelah travelling biasanya otak kembali fresh

      Delete
  7. Ga ada bosen bosennya kalo ke daerah bandungan, biasanya aku ngikut suami kalo ada kerjaan disana. Jadi suami kerja, istri jalan๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..aku juga nggak bosen kalo kesana mbak Ade. Anak-anak juga, malah pengen kesana lagi :D

      Delete
  8. Belum pernah kesana iih... pingiiiiinn! Cakep banget viewnya dari ketinggian gitu mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kak Molly, travelling ke Semarang. nanti bisa bareng2 ke Umbul Sidomukti

      Delete
  9. aku juga syuka banget ke umbul sidomukti, adem dan tidak sumuk mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...toss mbak Ningrum, aku dan anak-anak ketagihan untuk datang kesana lagi, mbak :D

      Delete
  10. duh, bikin mata krasan banget yaa mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul mbak Ocha, mata juga seger melihat pemandangan yang hijau2 gitu

      Delete
  11. Aaa aku pengen naik flying fox. btw Pondok Kopinya kece banget ya , Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, jadi pengen kaan. Kece banget Win, ayok kapan main ke Semarang? Tak ajak ke Umbul

      Delete
  12. Sidomukti emang cantik meski udah berubah sejak kesana pertama kali tahun 2008. Beberapa kali kesana dan terakhir pertengahan tahun ini, selalu ada yang baru. Tapi kalo flying fox sih udah lama ada.

    Yuk ke Luwuuuukkkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pertama kali ke Umbul juga tahun 2008, tapi belum secantik sekarang ini, mbak.
      Yook lah, semoga diberi rezeki untuk segera ke Luwuk ya :D

      Delete
  13. umbul sidomukti deket padahal, nanti pas pulkam mesti luangin kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...mbak Elisa dimana? Hayuk lah ke Umbul, bagus kok

      Delete
  14. Mba ikaaa aku ikut ke Luwuuuuk. Nyesel pas masih di Makassar ngga eksplore SUlawesi, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook...kita jalan-jalan ke Luwuk bareng-bareng :D

      Delete
  15. Wah, aku suka tempat yg adem gitu Mba. Bikin fresh pikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ety, aku suka wisata2 di alam dengan pemandangan kayak gini, otak dan badan jadi lebih fresh

      Delete
  16. Umbul Sido Mukti tidak kalah bagus dari tempat wisata lain ya mbak Ika, pemandangannya bagus dan ada permainan flying fox pasti anak-anak suka :)

    Semoga bisa segera ke Luwuk ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Anjar, makanya anak-anak betah kalo ke sana
      Aamiin, terima kasih doanya mbak Anjar, semoga saya bisa segera ke Luwuk

      Delete
  17. Pemandangannya asyik banget tuh mba.... Emang travelling bersama keluarga itu menyenangkan ya, apalagi kalo bisa membuat anak2 bahagia... Hmm... Saya juga suka....

    ReplyDelete
  18. Pemandangannya asyik banget tuh mba.... Emang travelling bersama keluarga itu menyenangkan ya, apalagi kalo bisa membuat anak2 bahagia... Hmm... Saya juga suka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yuni..rasanya betah banget kalo pas kesana :D

      Delete
  19. Pengen kesinii belum sempet euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok dek..piknik ke Umbul Sidomukti :D

      Delete
  20. Kayaknya ane perlu ke sidomukti lagi deh, soalnya banyak fotonya yang ilang :-/
    emang tempatnya sippp banget ya mbak, mau sama sahabat atau keluarga dijamin passs banget..

    ReplyDelete
  21. wah pemandangannya bikin sejuk mata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Donna, asik banget kalo kesana

      Delete
  22. Pingin banget kesana dah ada rencana taun kemarin tapi gagal next kudu kesana :) Viewnya keren banget mba Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yuni, semoga tahun ini bisa kesini ya

      Delete
  23. Pantainya masih asri ya... Btw, anak2 gak takut ya naik kuda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Rita, pantainya bersih, airnya bening kebiruan...
      anak-anak nggak takut mbak :D

      Delete
  24. bagus banget mbak pemandangannyaa, rumah kopinya juga baguss rapihhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups..mbak, saya aja betah banget disana. Kayak enggan banget mau pulang

      Delete
  25. Ihh luar biasa pemandangannya disana. Seger banget liat yang hijau2. Salam kenal mba Ika...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya mbak Susan, betah deh kalo ada disana
      Salam kenal juga ya mbak ;)

      Delete
  26. Tulisan menarik. Terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz yah :)

    Airpaz
    http://blog.airpaz.com/id/

    ReplyDelete
  27. Bumil.jangan ditinggal yaa... tunggu aku mbak..ajak akuuuhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap...nanti kita terbang kesana, sambil babymoon :D

      Delete
  28. Iya, sulawesi juga masuk ke dalam bucket list destinasi liburanku. Kuliner serba ikannya kata oramg enak enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ade, saya juga pengen banget kesana :)
      Pengen bersenang-senang di pantainya

      Delete
  29. Replies
    1. Iyaa..bersih banget airnya, dan memancar terus seolah nggak pernah habis

      Delete
  30. bisa jadi referensi untuk yang berikutnya nih..
    Bagaimana dengan transportasi ke sana ya Mbak, enaknya bawa kendaraan sendiri apa naik angkutan umum ya?
    salam kenal dan terima kasih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah sampai Luwuk bisa sewa kendaraan Mas, sepertinya lebih nyaman.
      Salam kenal juga :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com