Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog Asyik ala Saya

Dear Friends,
Jumpa lagi setelah si empunya blog yang lagi angot-angotan ngeblog akhirnya sadar kalo tulisannya masih awet dalam bentuk draft melulu. Setelah sadar kemudian nangis. Pasalnya segala alexa, DA, PA terjun bebas. Hampir dua bulan saya terjebak drama PPDB. Iya, berkali-kali saya mengkambinghitamkan PPDB. Saya sukses "baper" saat-saat itu. Alhasil, artikel saya selama dua bulan bisa dihitung dengan jari *emang  dulu enggak? LOL. 

Tapi, bersyukur mood ngeblog saya akhirnya kembali secara perlahan namun pasti (lebay banget ih). Meski kadang tergoda untuk berlama-lama stalking sosmed (banyakan stalking nya dibanding nulisnya :p ). Tahu nggak apa yang membuat mood ngeblog saya kembali ? 

Berkumpul dengan Sesama Blogger

Beberapa kali saya dan sahabat-sahabat blogger saya bertemu. Kadang sambil hangout di Cafe atau sekedar berkumpul di rumah salah seorang diantara kami. Selain ngumpul dan makan-makan (pantesan BB makin naiik. LOL) biasanya kami saling sharing segala sesuatu tentang blog. Entah itu mempercantik tampilan blog, cara memasang widget di blog bahkan info lomba blog. Nah, beberapa hari yang lalu saya dan beberapa sahabat ngumpul di rumah mbak Wati. Ada banyak yang kami obrolin, salah satunya soal blog. Hal inilah yang bisa membuat semangat lagi untuk ngeblog.

Tidak sekedar ngumpul

Menata Ulang Meja Kerja

Kondisi meja kerja bisa mempengaruhi mood untuk menulis. Kondisi meja yang acak-acakan dengan barang-barang berceceran sungguh tak sedap dipandang mata, kan. Biasanya sih suami saya yang suka beres-beres meja kerja saya. Hihi. Beliau pinter menata meja kerja dengan rapi dan artistik. Setiap kali meja terlihat berantakan, tanpa ba bi bu langsung diberesin. Jadi saya makin semangat deh berantakin lagi meja kerjanya... eh ngeblognya. LOL.

This is my favorite corner

Ngeblog Sambil Mendengarkan Musik

Siapa sih yang nggak suka musik? Hampir semua orang pasti suka mendengarkan musik. Apalagi sekarang banyak jenis musik dengan berbagai genre sukses menghibur para penikmatnya. Saya sendiri suka musik dari jaman dulu. Bahkan waktu SD saya malah hafal lagu-lagunya Mansur S, Rhoma Irama, Itje Trisnawati, Betharia Sonata, Nicky Astria bahkan lagu-lagu Qasidah dan lagu-lagu Malaysia. Heran ya? Haha. Karena setiap hari dari pagi, siang hingga malam rumah saya full musik. Dulu saya ikut ensemble, band bahkan karawitan. Jadi sejak kecil, musik adalah sebagian dari hidup saya. Pun setelah menikah dan punya anak. Saya masih suka mendengarkan musik. Biasanya setelah mendengarkan musik, mood kembali oke lalu ide-ide mengalir cemerlang. Bikin playlist lagu-lagu favorit, pasang headset dan siap beraksi di depan si leppi.

Tiada hari tanpa musik

Me Time di Kamar Mandi

Me Time di kamar mandi?? Eits jangan salah. Melakukan perawatan tubuh dengan luluran atau berendam itu juga bisa jadi aktivitas "Me Time" yang mengasyikkan. Apalagi kalau ada aroma terapy yang wangi dan menenangkan. Waaah, sungguh bisa membangkitkan mood, lho. Nah, kalau badan sudah bersih dan wangi mau melakukan kegiatan apapun pasti bersemangat. Coba aja, deh.

Melakukan perawatan sendiri

Minum Secangkir Kopi 

Saya suka sekali minum kopi tubruk, bahkan sejak SD. Saya nggak terlalu suka minum kopi dengan campuran susu ataupun creamer. Dulu ketika Ibu membuatkan kopi untuk Mbah, pasti setengahnya saya yang menghabiskan. Kopi tubruk seduhan Ibu bukan berasal dari kopi spesial yang mahal. Kopi seharga 300 perak per bungkus (sekarang sih sekitar 3000 ribuan, sudah 10 kali lipat harganya) itulah yang pertama kali tercecap di lidah saya. Namanya Kopi cap Tjangkir. Aromanya khas sekali. Bahkan sampai sekarang iklannya di radio masih bertahan dengan dialog yang sama sejak saya kecil. Sayangnya kopi itu hanya ada di daerah kampung halaman saya saja. Beberapa tahu belakangan saya minum kopi yang memiliki tagline "jelas lebih enak" haha. Nggak tahu kenapa, saya nggak bisa pindah ke lain hati. Jangan-jangan karena saya hampir nggak pernah nyoba merk lain ya? Hihi. Pernah juga sih, nyobain kopi seduhan adik ipar saya (suaminya Arin). Dia sih pecinta kopi beneran. Minumnya nggak pake gula, rasanya asam pahit. Dan saya nggak suka. Emang ya, yang abal-abal itu malah enak. Wkwkwk. LOL.
Biasanya setelah minum secangkir kopi, semangat saya nyala kembali. Bener-bener dah, efek si kopi ini. 

Secangkir kopi hitam yang membangkitkan semangat

Membaca Ulang Peta Rencana Pencapaian

Saya biasa menulis rencana-rencana pencapaian hidup saya sepanjang satu tahun di buku. Peta rencana ala saya itu saya gambarkan seperti Mind Mapping. Entah itu soal cita-cita, anak-anak, target dalam hal pekerjaan bahkan soal #relationshipgoals saya dan suami tapi versi saya. Haha. Saya jadi ingat tahun lalu saya ngotot banget menuliskan bahwa saya ingin bisa membeli motor matic merk Vario, dan tahun ini saya bisa mewujudkannya (maksudnya saya dan suami. LOL). See?
Betapa peta rencana itu bisa jadi afirmasi positive bagi penulisnya, lho.

Contoh peta rencana

Bagi saya cara-cara itu cukup efektif untuk membangkitkan semangat ngeblog saya. Tapi kembali lagi, apa yang baik dan efektif  menurut saya belum tentu baik bagi yang lain. Apa yang cocok menurut saya belum tentu cocok bagi yang lain. Kembali pada selera dan kebiasaan masing-masing. Setuju?



Posting Komentar

37 Komentar

  1. Setuju banget Mbak. Semua cara di atas bikin mood menulis naik dan akhirnya tulisan mengalir lancar. kelemahanku sih masih di kerapihan meja kerja. duh... kalau pengen bilang gak sempat, aku malu, moso'o tidak sempat karena mayoritas waktuku ya di situ. hihihi...
    Btw, kopi is always the best booster in the world. Da mengirimkan sinyal bahagia seperti halnya coklat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...entah kenapa setelah ngopi, otak berasa encer ya mbak :D

      Hapus
  2. Saya mengandalkan kopi, Mbak Ika. Menulis jadi asyik kalau ada kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mas Indra, andalan saya juga kopi tubruk :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Boleh ikutan dong kalau pas acara belajar ngeblog, Mbak Ika. Soalnya, ilmu ngeblog saya masih minim banget. #ngarep.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dong mbak Wid, ayo kapan-kapan gabung ya :D

      Hapus
  5. Saya jarang banget kumpul sama sesama blogger mbak, mungkin gara2 itu ya jadi sering loyo :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk lah kapan2 ikut gabung mbak Ocha. Tinggal di Semarang kan ya?

      Hapus
  6. Mending deh Mba kalau dalam bentuk draft, lha saya tulisannya tidak dalam bentuk apapun hi hi hi hi. 2 bulan kemarin nyaris nggak ngeblog samsek, ngedraftpun nggak. Mood turun drastis akibat mual mual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..kalo kasus Mama Rayyan mah beda. Ini karena hamil kan? Lah aku gara2 drama PPDB haha :p

      Hapus
  7. Kumpul-kumpul sesama temen blogger memang ampuh bikin semangat ngeblog muncul lagi ya mba. Aku juga ngerasain gitu :D. Kalo ide mentok biasanya aku duduk nongkrong di cafe sambil makan minum aja sendiri, biasanya ampuh juga buat ngembalikan semangat ngeblog ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak Molly..kalo lagi gumpul topik yang dibahas biasanya tak lepas dari dunia blogging, jadi mau ngak mau pasti ikutan semangat

      Hapus
  8. beres2 rumah sampe kinclong, ngopi sambil ngetik. Itu sih tips saya..itu juga kalo dirusuh pasukan kecil hehe

    BalasHapus
  9. senengnyoooo mbk ika, bs ngumpul2 bareng temen blogger, begitu mah, semangat ngeblog langsung nyetrong mah, duh cb deket, bs ikutan gabung nih aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng doong Muma...enaknya gitu, kalo pengen ngumpul langsung kode2 gitu mau ngumpul dimana. Yuk lah Muma, kapan ngelencer ke Semarang? kita kopdaran :D

      Hapus
  10. Huaaa...kangen kumpul2 sama mbak ika n blogget2 lainnya.aku selama hamil semangat nulisnya melempem bgt :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangeeen juga sama dirimu, ayok ngumpul2 lagi :D

      Hapus
  11. Waaah senangnya bisa kumpul belajar bareng dengan sesama blogger. Kemudian menatap nanar meja kerja yang berantakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng mbak Lus..., selain belajar bareng ngumpul-ngumpul seperti itu jadi mood booster juga loh. Meja kerja saya juga kadang berantakaan..haha

      Hapus
  12. Wah meja berantakan ada yang bikin mood naik dan turun hahhahaha.

    Mau dong ikutan kumpul. TFS yaaaa

    BalasHapus
  13. Meja kerjaku suka di mana aja, yang penting ngeblog, hihiii
    Ih itu napa setting lokasi berantakan ya, duuhh *tutup mukaa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..settingnya alami mbak Wati, nggak di buat-buat. jadi pengen ngumpul lagi..ayook

      Hapus
  14. wah mantab ini tips dan solusi biar nggak boring waktu ngeblog :D...
    salam kenal...

    BalasHapus
  15. Mbbaa aku ketagihan ngeblog nih gawaddd hihi
    Klo belom ngepos tidur jadi ga tenang
    Pas di depan leptop malah bingung merangkai kata eaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..ketagihan yang positif doong kalo gitu. Produktif abis dirimu, mah. Daku ngiriii, karena produktifmu ituu

      Hapus
  16. Mb tinimbang akyuuu nulise di meja lipet yang gambar berbie, biasa buat anak teka ahahahhaha,

    BalasHapus
  17. Mungkin saya malas nulis krn meja kerja berantakaaaan bnegt. Malah ngk prnh kepikiran buat rubah posisi deh biar agak fresh gitu..mhh makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..coba aja mbaak..siapa tahu kalo dirubah, suasananya jadi berubah juga, jadi makin semangat :D

      Hapus
  18. wah, tipsnya okeh banget. Kalo aku selain merapikan meja, pindah2 tempat mbak, kadang di atas kasur, tar selonjoran di karpet, balik meja, dll gitu deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pindah-pindah posisi ya mbak. Oke juga..:D

      Hapus
  19. Kopdaran itu seperti penyuntik semangat ya mbak bisa ketemu di dunia nyata hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul, mbak Titis...seneng karena ketemu sama orang-orang yang memiliki passion sama

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com