Berbagai Manfaat Susu Soya Untuk Kesehatan

Dear friends,

Selama ini kita mengenal kedelai sebagai bahan makanan untuk membuat tempe dan tempe saja. Tapi ternyata, kedelai bisa diolah sedemikian rupa menjadi berbagai macam makanan. Diantara yang banyak dihasilkan dari produk kedelai ini yaitu susu soya atau susu kedelai. Susu soya sangat baik untuk dikonsumsi anak yang alergi terhadap susu sapi karena kandungan gizinya hampir menyamai seperti susu sapi. Karena itulah banyak para orangtua yang menggunakannya sebagai pengganti susu sapi untuk anaknya.

credit : eeleebeuaty.com
Penggunaan susu soya sebagai pengganti susu sapi untuk anak yang alergi juga biasa digunakan oleh mereka yang ingin menjalani program diet. Hal ini karena nilai kandungan gizi yang terdapat pada susu soya mengandung 9 asam amino penting yang untuk tubuh. Selain itu, nutrisi penting lainnya seperti protein, mineral, vitamin dan lainnya juga terdapat dalam susu soya. Selain hal tersebut, manfaat susu kedelai lainnya juga bisa digunakan untuk kesehatan. 

Diantara berbagai manfaat kesehatan yang bisa dimanfaatkan dari susu soya, antara lain :
  1. Mengatasi intoleransi laktosa pada susu sapi. Anak yang mengalami alergi karena adanya masalah intoleransi pada laktosa dapat diatasi dengan pemberian susu kedelai. Anak yang alergi terhadap susu sapi seringkali mengalami mual, muntah, diare dan lainnya ketika mengonsumsi susu sapi. Susu soya bisa menjadi alternatif yang aman dan terbaik.
  2. Membantu mencegah autisme pada anak. Anak yang mengalami autisme juga dapat mengonsumsi susu soya. Autisme merupakan suatu gangguan pada perkembangan anak, ditandai dengan kuragnya kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Dengan pemberian susu soya, anak autis tetap memperoleh asupan protein, vitamin dan lainnya tanpa efek samping yang merugikan kesehatan otaknya.
  3. Dapat mengurangi berat badan yang berlebihan. Anak yang mengalami berat badan yang berlebih bisa diatasi dengan memberikan susu soya. Ini karena dalam secangkir susu soya yang murni mengandung sekitar 7 gram protein, 4,5 gram lemak dan 4 gram karbohidrat. Selain itu kandungan kalorinya juga rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Ini berguna untuk menghindari terjadinya gejala alergi pada bayi dimanapun. 
 Nah, itulah berbagai manfaat susu soya untuk kesehatan.



Posting Komentar

30 Komentar

  1. aku suka banget nih mbak soya, daripada susu sapi murni... prenguuussss

    BalasHapus
  2. Manfaatnya buat bumil jg oke banget katanya mbak.banyak folatnya jd bagus buat pwrkembangan bayi. Ndilalah aku ga bisa minum susu sejak hamil jd minumnya soya ni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata banyak juga manfaatnya ya. Aku suka minum susu soya tapi kadang-kadang aja kalo pas pengen :D

      Hapus
  3. Andalan saya selama menyusui nih mbak. Nggak bikin kliyengan kalau lagi laper. Kalau gak minum ini pas laper suka kliyengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah...teryata banyak bumil yang suka susu soya ya. recomended buat bumil pastinya ya :D

      Hapus
  4. banyak manfaatnya ya mbk si susu soya ini, terutama bwt anak yg alergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups Muma...anak-anak yang alergi susu sapi terbantu banget nih dengan adanya susu soya :)

      Hapus
  5. Aq suka soya, tapi jarang minum coz jarang beli hehe...

    BalasHapus
  6. Soya emang enak banget mbak, dulu fans berat salah satu merek di pasaran sampai akhirnya diajarin bikin sama tante. Klo bikin sendiri lebih terjamin dan tanpa pengawet walau harus ekstra tenaga dan sabar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sendiri juga lebih puas mbaak, karena bisa berkali-kali minumnya :D

      Hapus
  7. Teringat sama ponakanku dulu minumnya juga susu soya karena alergi sama susu sapi, mba. Tapi ngga tau pas gedenya sedikit2 udah mulai bisa minum susu sapi. Heran juga bisa berubah gitu :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lama-lama sembuh sendiri ya alergi susu sapinya. hehe

      Hapus
  8. Susu soya ini favoritku banget. Biasanya beli di mbak belanja yang lewat rumah tiap pagi. Satu plastik 2000. Nyam nyam nyam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya Mami Ubii..kalo ada yang jual keliling, nggak repot2 bikin :D

      Hapus
  9. saya belum pernah minum susu soya ini Mba Ika, baca tulisan ini jadi tertarik pengen coba deh, apalagi ternyata banyak banget manfaatnya :)

    BalasHapus
  10. Aku suka susu soya dari Melilea doang... :D Yang lainnya nggak doyan, bahkan yang murni sekalipun... pengen muntah kalau minum... :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..sama dengan suamiku. Sukanya susu soya dari melilea itu

      Hapus
  11. aku suka yang dikulkasin biar nyess mb ita

    BalasHapus
  12. Aku blm nyoba susu kedelai. Krg terlalu suka model susu sih

    BalasHapus
  13. Susu soya lebih ringan, nggak pekat.
    Rasanya juga bervariasi sekarang. Cuma emang agak langur gitu.

    BalasHapus
  14. aku suka semua susu kecuali kambing wkwkkw
    ga suka prengusnya :(
    meski udah dikemas bubuk pun kurang suka

    BalasHapus
  15. Aku jarang minum susu.. Apalagi yg soya. Padahal manfaatnya oke banget ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com