Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan


Dear friends,

Rambut rontok berlebihan pasti bikin kita kesel. Apalagi tiap nyisir rambut atau keramas, pasti adaa aja yang rontok. Kalau dibiarkan, pasti lama-lama akan botak kepalanya. Duh, jangan sampe deh. 

Bagaimanapun, tiap orang pasti menginginkan punya rambut yang sehat, indah dan bebas dari kerontokan. Namun, untuk mendapatkan rambut indah sesuai impian tidaklah mudah. Kita harus terlebih dulu mencari faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut yang kita alami. Penyebab terjadinya kerontokan rambut diantaranya karena kehamilan, stres, pengaruh hormon, penyakit tertentu, obat-obatan, atau kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut yang berlebihan, kita bisa mencegahnya dengan melakukan beberpa cara di bawah ini :

Memijat Kulit Kepala Secara Teratur

Untuk perawatan rambut rontok bisa dilakukan dengan cara memijat kulit kepala menggunakan minyak hangat seperti minyak almond, minyak kelapa, atau minyak wijen secara teratur. Ini bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa menstimulasi folikel rambut. Cara ini dipercaya bisa membantu menyingkirkan masalah seperti ketombe dan infeksi kulit kepala.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya dapat memperkuat akar rambut. Misalnya seperti kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan asam lemak omega 3 yang dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Selain itu, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti ikan salmon dan telur juga perlu dikonsumsi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein dalam makanan tersebut yang menjadi zat penyusun rambut  sehingga bila asupan protein cukup, struktur rambut akan semakin kokoh dan tidak mudah rontok. Konsumsi juga buah dan sayuran, hal ini juga membantu untuk mengatasi rambut rontok yang cukup efektif.

Tidak Menyisir Rambut Saat Basah

Sebisa mungkin kita tidak menyisir rambut ketika basah sehabis keramas. Hal ini akan menyebabkan rambut menjadi lemah ketika masih basah. Menyisir rambut saat basah justru akan melemahkan folikel rambut dengan mudah. Selain itu, jangan pula mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Biarkan rambut kering secara alami.

Hindari Stress

Stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kenaikan atau penurunan berat badan, penyakit diabetes, stroke, termasuk juga kerontokan rambut. Orang yang stres biasanya mengalami kerontokan rambut. Jadi, sebaiknya kamu menghindari stres. Caranya dengan melakukan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga,  melakukan meditasi, rekreasi  bersama teman dan keluarga, atau melakukan apapun yang membuat kita merasa bahagia.

Menggunakan Produk yang Sesuai dengan Kondisi Rambut

Merawat rambut rontok menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut sangat disarankan. Jangan sembarangan menggunakan produk yang tidak kita ketahui bahan-bahannya. Pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut kita. Bila perlu, bantu dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau daun mangkokan. Lakukan secara terus-menerus hingga kerontokan rambut mulai berkurang atau bahkan sehat kembali.

Menjaga dan merawat rambut yang mengalami kerontokan memang tidak mudah. Butuh ketelatenan untuk mengembalikan kondisi rambut kepada kondisi semula. Jika kita telaten merawatnya, bukan mustahil kita akan kembali memiliki rambut yang sehat, lebat dan tidak mudah rontok.





Cara Mengatur Keuangan agar bisa Bertahan hingga Akhir Bulan


Dear friends,

Bicara mengenai keuangan memang sensitif ya. Terutama buat para istri yang mengelola penghasilan suaminya. Cukup nggak cukup, mesti dicukup-cukupin. Jujur saya akui, dulu saya tak pandai mengatur keuangan. Berapapun uang yang saya pegang, selalu habis tak bersisa. Dapat sedikit habis, dapat banyakpun juga habis. Seringnya habis untuk keperluan yang nggak jelas. Akibatnya sudah bisa ditebak. Saya nggak punya tabungan, nggak punya uang cadangan dan selalu kehabisan uang saat tanggung bulan. Hari-hari menunggu gaji jadi terasa begitu lama dan menyiksa.

Tapi itu dulu, sih. Sekarang alhamdulillah sudah insyaf, friends. Hahaha. 

Awalnya sayalah yang mengatur keuangan keluarga, tetapi karena sering banget "failed" jadi saya menyerahkan semua urusan keuangan pada suami. Untuk urusan keuangan, suami saya lebih pandai mengatur keuangan dibanding saya *akhirnya jujur juga. LOL. 

Ternyata sudah hampir beberapa tahun ini suami menyisihkan gajinya untuk tabungan pendidikan anak-anak. Bahkan bisa menyicil renovasi rumah sedikit demi sedikit. Sekarang untuk urusan uang sekolah anak, bensin, uang saku anak-anak hingga tagihan-tagihan lainnya beliau yang pegang. Sedangkan saya bagian mengatur keuangan untuk belanja keperluan rumah dan dapur saja. Dan saya hepi, karena beban saya untuk mengatur keuangan keluarga jadi lebih ringan. 

Sebenarnya kondisi keuangan kami hingga saat ini belum bisa dibilang berlebihan, bahkan lebih tepat pas-pasan. Pas butuh, pas ada. Haha. Sekarang sih, saya sudah lega dan nggak merasa terbebani lagi (eh, emang beban ya mengatur keuangan) soal atur mengatur keuangan keluarga.

Pengen tahu gimana caranya suami saya mengatur keuangan keluarga? Boleh diintip, kok.

Bayar Tagihan-tagihan Lebih Dulu

Suami saya menerima gaji setiap tanggal 25 dan biasanya beliau langsung membeli pulsa listrik, membayar cicilan sepeda motor (masih pecicilan, bo) dan membayar tabungan pendidikan anak-anak. Suami langsung membayar begitu gaji masuk karena sistem pembayarannya melalui online. Beliau juga langsung menyisihkan biaya sekolah anak-anak (SPP), uang saku, uang bensin dan tabungan anak-anak di sekolah. Setelah dikurangi untuk pengeluaran tak terduga, sisanya baru deh ditransfer ke rekening saya. 

Belanja Kebutuhan Bulanan

Kebutuhan bulanan seperti sembako, toiletries biasanya dibeli sebulan sekali. Kebiasaan ini memang sudah cukup lama dilakukan, sih. Biasanya saya yang kebagian tugas belanja. Lumayan irit juga, karena saya biasa belanja di toko grosiran. Kadang kalau sedang beruntung, bisa dapat harga promo. Jadi dobel hemat, kan.

Belanja Dapur Mingguan

Ada belanja bulanan ada pula belanja mingguan. Hal ini dilakukan agar kita nggak perlu bolak-balik belanja ke pasar atau warung. Cukuplah seminggu sekali, kecuali ada kebutuhan mendadak ya. Belanja mingguan ini hanya untuk kebutuhan dapur seperti sayuran dan lauk pauk. Kalau ada uang lebih biasanya saya beli buah, tapi kalau pas nggak ada kelebihan uang ya nggak beli. Belanja mingguan ini disesuaikan juga dengan menu makanan selama seminggu. Biasanya yang paling banyak adalah kebutuhan lauk. Kalau hari ini makan dengan lauk protein nabati, besoknya lagi makan dengan protein hewani. Kalau sudah punya stok sayuran dan lauk pauk untuk seminggu, lega deh rasanya. 

Punya Dana Darurat

Alhamdulillah, setelah beberapa tahun ini aktif ngeblog saya memiliki penghasilan tambahan. Besaran penghasilan saya sebagai blogger tidak menentu. Kadang banyak, kadang sedikit, kadang juga tidak ada pemasukan sama sekali. Sejak itu saya memiliki dua rekening. Satu rekening khusus untuk jatah bulanan dari suami dan satu lagi rekening khusus untuk penghasilan saya dari ngeblog. Uang hasil ngeblog saya pergunakan sebagai dana cadangan, yang akan digunakan bila dalam keadaan darurat. Misalnya ketika mendadak harus pulang kampung atau kondisi darurat lain.

Buatlah  Skala Prioritas

Kalau dipikir-pikir, kebutuhan kita dari waktu ke waktu semakin meningkat dan semakin bertambah. Kalau menuruti hawa nafsu, semuanya pasti akan kita penuhi dalam waktu bersamaan. Akibatnya tentu saja pengeluaran membengkak. Untuk mengatasinya, pilih kebutuhan yang benar-benar mendesak. Misalnya, saat harus memilih antara membeli ban sepeda motor dengan sepatu. Ban sepeda motor tentu lebih urgent penggunaannya daripada sepatu baru, karena hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan sepeda motor. Resiko yang diakibatkan oleh ban sepeda motor lebih besar daripada resiko tidak memakai sepatu baru. Ya, kan?

Bawa Bekal dari Rumah

Sebisa mungkin suami dan anak-anak saya berangkat dalam kondisi perut terisi (sudah sarapan). Pagi-pagi sekali saya usahakan sarapan sudah siap. Untuk mengurangi pengeluaran jajan di luar, suami dan anak-anak biasa membawa bekal dari rumah. Lumayan, bisa hemat uang jajan kan.

Itu aja sih tips mengatur keuangan pribadi keluarga kami selama beberapa waktu belakangan ini untuk mengatur keuangan keluarga. Pastinya cara untuk mengatur keuangan tiap keluarga berbeda-beda. Ya iyalah, secara kebutuhan tiap keluarga kan juga beda-beda. Bijaklah mengatur keuangan agar tidak menyesal di hari kemudian. Yuk, mulai atur keuangan biar bisa bertahan hingga akhir bulan!


Makan Buah dan Sayur, Apa Saja Manfaatnya?


Dear friends,

Awal minggu lalu, sebuah kabar duka mengejutkan kita semua. Seorang artis muda meninggal dunia secara mendadak diduga karena serangan jantung. Usianya masih muda. 40 tahun. Seusia saya. Terus terang berita itu membuat saya sedih sekaligus takut. Sedih karena saya ikut merasakan betapa beratnya beban duka si istri yang ditinggalkan. Takut karena si artis yang meninggal itu adalah seseorang yang memiliki gaya hidup sangat sehat. Dia adalah seorang yang rajin berolahraga, selalu menjaga asupan makanannya dan memiliki pola hidup yang sangat baik. 

Yang ada dalam pikiran saya, kalau dia yang sangat sehat aja bisa kena "heart attack", apalagi saya yang gaya hidupnya ngaco? Bahkan di usia 40 ini, saya baru mau muai berbenah. Baru mau mengatur kembali pola hidup saya, agar bisa selalu sehat. 

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga bagi seseorang. Bila tubuh sehat, kita akan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan bebas. Maka selagi sehat, manfaatkan saat-saat seperti ini untuk menjaganya. Apalagi saat ini berbagai jenis virus dan penyakit mulai bermunculan. Kita harus waspada dan melakukan antisipasi, jangan sampai virus dan penyakit ini menyerang tubuh kita. 

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, dipastikan kualitas hidup yang sehat dapat terjaga.

Sebenarnya menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, kita musti konsisten dalam melakukannya. Hal ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur. 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Olahraga secara Teratur



Olahraga tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker. 

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, maka disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Maka luangkan waktu selama setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Berhenti Merokok

Bagi kalian yang merokok, disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin. Rokok dapat membahayakan kesehatan kalian. Selain merokok, hentikan pula kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol demi kesehatan tubuh. 

Menjaga Kebersihan 

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Dengan begitu, kita akan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Cobalah mengonsumsi aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 



Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. 

dokpri. cemilan tiap pagi

Sejak akhir tahun 2019 lalu, saya mulai rutin mengonsumsi buah-buahan, terutama apel. Saya memang tersugesti dengan ungkapan bahwa makan satu buah apel sehari bisa menjauhkan kita dari dokter. Artinya, jika kita rutin mengonsumsi apel, tubuh kita akan selalu sehat. 



Lalu, apa saja sih manfaat dari mengonsumsi buah dan sayur secara rutin?
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung
  3. Menurunkan risiko diabetes
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menurunkan risiko kanker
  6. Menyehatkan mata
  7. Mencegah obesitas
  8. Menjaga imunitas tubuh
Begitu banyak manfaatnya makan buah dan sayur bagi kesehatan kita. Sebuah cara yang tidak mahal untuk menjaga kesehatan kita, bukan? Sehat tak harus mahal.  Tak harus pergi ke pusat kebugaran berbayar ataupun mengonsumsi makanan mahal. Jaga kesehatan dengan cara dan kondisi kita.

Ayo, mulai jaga kesehatan kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati. 


Cegah Kanker dengan Lakukan Kebiasaan Ini!


Dear friends,

Cegah kanker dengan lakukan kebiasaan ini. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Hampir 90% orang yang terkena kanker sulit untuk diobati apalagi jika sudah stadium 2 ke atas. Untuk mencegahnya kita harus ekstra hati-hati dalam segala hal, mulai dari gaya hidup, pola makan, maupun lingkungan sekitar.

Apa itu kanker?

Menurut Wikipedia, kanker juga biasa disebut neoplasma ganas merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Nah, tiga karakter ganas inilah yang membedakan antara kanker dan tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, namun ada beberapa yang tidak, contohnya seperti leukemia.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Untuk mendiagnosis kanker biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan cara biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker dapat menyebabkan kematian. Beberapa kasus yang terjadi pada survivor cancer seperti Ria Irawan, Julia Perez contohnya. Mereka sudah menjalani perawatan bertahun-tahun tetapi akhirnya tidak dapat bertahan.

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Meski begitu, jika diketahui sejak dini dan melakukan perawatan rutin, kanker bisa disembuhkan kok. Ada banyak juga survivor cancer yang bisa sembuh dari kanker. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal didiagnosis kanker.

Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Kanker?

Penyakit kanker biasanya muncul ketika si penderita memiliki pola hidup yang tidak sehat.  Biasanya kanker terdeteksi jika sudah mencapai stadium lanjut. Kebanyakan dari penderita tidak menyadari bahwa mereka sudah terkena kanker.

Berbanding terbalik dengan biaya pengobatan, cara mencegah kanker sebenarnya murah dan mudah. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan dasar dari cara mencegah terjadinya kanker. Seperti ungkapan "lebih baik mencegah dari pada mengobati" maka untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan yang luas, serta disiplin dalam menjaga kualitas hidup.



Agar penyakit kanker tidak menghinggapi tubuh kita, lakukan cara-cara sederhana seperti berikut ini :

  •  Menjalankan Pola Hidup Sehat
    Sebenarnya jika ada kemauan, mudah sekali menjalankan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Akan tetapi lingkungan sangat memengaruhi seseorang untuk hidup sehat. Bila tidak punya komitmen yang kuat akan hidup sehat, biasanya seseorang akan kembali pada pola hidup tidak sehat. Butuh komitmen yang kuat bagi seseorang yang ingin terhindar dari berbagai penyakit terutama kanker.
  • Tidak Merokok
    Jauhi rokok. Bila kalian seorang perokok, usahakan untuk berhenti. Untuk kita yang tidak merokok, sebisa mungkin menghindari asap rokok. Perokok pasif memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit dibanding perokok aktif itu sendiri.
  • Tidak Minum Alkohol
    Alkohol dalam jumlah tertentu mungkin bisa jadi obat, tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan akan membahayakan bagi kesehatan. Resiko terbesarnya adalah terkena kanker. Daripada mengonsumsi alkohol, lebih baik konsumsi air putih yang baik bagi kesehatan.
  • Rutin Berolahraga
    Banyak orang yang hanya suka berwacana untuk rutin berolahraga ini itu, namun kenyataannya tak pernah dilakukan (ini ngomongin diri saya sendiri. LOL). Padahal olaraga itu cara paling gampang untuk sehat. Nggak perlu pergi ke gym atau beli alat olahraga mahal. Cukup rutin jogging atau jalan kaki di sekitar rumah seminggu 2 sampai 3 kali selama 30 menit hingga 1 jam. Badan akan terasa lebih ringan dan bugar.
  • Konsumsi Makanan yang mengandung Antioksidan
    Makanan yang kaya akan antioksidan bagus sekali untuk mencegah kanker, misalnya bawang putih, daun kelor (moringa), minyak zaitun (olive oil), kurma, anggur, dan sebagainya. Kalian bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi berbagai makanan itu secara rutin.
  • Konsumsi Buah dan Sayuran
    Kebiasaan baik yang akan membawa kita kepada kualitas hidup yang lebih sehat adalah mengonsumsi buah dan sayur. Makan sebutir apel tiap pagi akan membuat kesehatan kita lebih baik. Ingat pepatah "one apple a day, makes doctor away".  Kebiasaan sederhana tetapi bisa membuat hidup kita sempurna. 




Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan kebiasaan hidup sehat sebelum menyesal nanti. Hidup sehat itu mudah dan murah, asalkan kita berkomitmen supaya kualitas hidup kita terjaga dan hidup sehat sampai tua.

Menjaga kesehatan adalah salah satu upaya mencintai diri sendiri. Bagaimana orang lain akan mencintai kita kalau kita tidak mencintai diri kita?

Bagaimana denganmu, teman? Sudahkah memulai hidup sehat? Share cerita sehat kalian di komen, ya!




Harga Genset Kecil, Tips Keamanan, dan Cara Pengoperasiannya



Dear friends,

Genset merupakan benda yang mampu merubah bahan bakar menjadi energi listrik. Genset sendiri sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendukung bisnis ataupun hanya untuk kebutuhan rumah tangga. 

Dari kebutuhan konsumsi genset, maka produsen menciptakan jenis genset dengan harga genset yang juga berbeda. Harga genset besar tentunya berbeda dibandingkan harga genset kecil.  Perbedaan harga genset itu ditentukan oleh patokan kapasitas dalam genset tersebut. Bukan hanya itu saja, perbedaan harga genset kecil bisa juga karena memiliki tipe dan merek yang berbeda. 

Secara umum, harga genset kecil cukup terjangkau. Mulai dari yang hagranya kurang dari Rp1 juta sampai yang berkisar Rp 1 jutaan juga banyak tersedia. Kalian dapat coba melihatnya langsung di Bhinneka.com.

Tips Keamanan Menggunakan Generator Set

Bagi kalian yang ingin membeli genset baik itu berukuran kecil ataupun besar tentunya sama-sama perlu tahu bagaimana cara aman menggunakan genset. Oleh karena itu, di bawah ini ada tips aman menggunakan generator set,  sebagai berikut : 

1. Melakukan pengoperasian genset ditingkat permukaan dan genset tidak mengalami atau terkena kelembapan berlebih. Apalagi terkena kotoran, debu, beserta uap yang korosif. 
2. Dilarang melakukan pengisian tangki bahan bakar genset secara berlebih. Tentunya ini akan menimbulkan potensi berbahaya tersendiri. 
3. Jangan sampai kalian memasukkan bahan bakar dari genset disaat mesin sedang bekerja dan kondisi genset masih panas. Lebih baik kalian tunggu mesin genset dingin sebelum melakukan penambahan bahan bakar genset. 
4. Kalian perlu memperhatikan letak penyimpanan genset. Jangan sampai menempatkan generator set di tempat yang berbahaya seperti dekat dengan titik api. 
5. Kalian harus mematuhi segala yang telah tercantum di dalam buku pedoman.tujuannya supaya saat pengoperasian genset berlangsung dengan aman.
6. Di sekitar genset harus tidak ada benda yang berbahaya atau berpotensi untuk terbakar. Setidaknya pada posisi 5 meter di sekitar genset harus aman sehingga potensi bahaya dapat dicegah.
7. Melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa juga cari service genset jika mengalami gangguan. 
8. Jangan membebani genset secara berlebihan. Perlu kalian ketahui bahwa jangan sampai mengoperasikan peralatan (genset) diluar batasnya. Ikuti petunjuk yang benar saat mengoperasikan genset dan pahami kapasitas genset tersebut.  
9. Jangan mengotak-atik keadaan genset pada saat mesin beroperasi. 

Cara Mengoperasikan Genset :

Setelah mengetahui beberapa tips aman menyalakan genset, maka kali ini akan membahas mengenai cara mengoperasikan genset. Nah, berikut ini beberapa tipsnya:   

1. Membaca buku pedoman penggunaan genset
Ketika anda membeli genset tentunya akan mendapatkan pedoman di dalamnya. Tentunya dengan memahami buku petunjuk penggunaan genset akan memudahkan anda dalam menggunakan atau mengoperasikan genset. 

2. Mengetahui bahan bakar genset
Salah satu cara untuk mengoperasikan genset yang anda beli adalah dengan mengetahui bahan bakar yang digunakan. Dengan menyediakan bahan bakar tersebut, akan membuat mesin genset berjalan lancar. Bahan bakar genset tergantung jenis genset. Anda bisa mengetahui saat pertama kali hendak membelinya.

3. Pemeriksaan kondisi mesin
Lakukan pemeriksaan kondisi mesin secara rutin, baik memperhatikan kondisi Accu dan juga kondisi oli mesin. Sebelum genset dinyalakan, pastikan komponen tersebut tidak ada masalah. Kalau ada masalah, maka akan mempengaruhi perfoma genset. 

4. Memastikan saklar genset di posisi benar
Pastikan posisi saklar genset di posisi yang benar. Jangan memasukkan saklar genset di posisi yang tidak benar karena akan berakibat fatal.

Itulah teknis cara menyalakan genset. Benda yang satu ini memang perlu kehati-hatian saat menyalakannya, meskipun sebetulnya caranya juga mudah. 

Kalian dapat membeli genset secara online di Bhinneka.com. Harga genset kecil, mulai dari yang menengah hingga besar semuanya tersedia. Kalian juga dapat melihat spesifikasinya dengan lebih jelas. Jika ada yang kurang jelas, kalian pun dapat menghubungi customer service yang tersedia. 

Harga genset mini ukuran 1.000, 1.200 dan 2000 watt dapat ditemukan di toko online Bhinneka. Harga genset itu pun sangat bersaing akrena Bhinneka memiliki banyak supplier dari produsen genset terkenal. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan harga terbaik. 

Pembelian genset kecil online di Bhinneka terjamin aman. Sebab Bhinneka merupakan toko online yang selama ini begitu terkenal dan memiliki toko fisik di Jakarta dan Surabaya. Jika ada masalah, kalian pun bisa langsung menghubungi toko genset online terpercaya ini.


Nggak Males ke Bengkel Lagi berkat Bengkel Baik

Dear friends,

Biasanya urusan bawa kendaraan ke bengkel itu kerjaan para lelaki ya. Tapi sekarang, mau nggak mau perempuan juga musti bisa ngurusin juga. Apalagi kalau kondisi kendaraan sudah harus diservis, apa iya mau nunggu sampai bobrok? 

Sebenarnya beberapa tahun lalu saya juga biasa ke bengkel sendiri (waktu LDM sama suami). Karena jauh dari suami, jadi apa apa ya harus diurus sendiri. Tapi semenjak pindah ke Semarang, semua yang berhubungan dengan perbengkelan diurus sama suami. Bahkan pernah dalam sehari dia bawa tiga kendaraan sekaligus untuk diservis. Mumpung libur katanya. Saya sih, terima beres aja. Yang penting motor Vario saya aman dan enak dikendarai. Apalagi kalau BBM nya full. Ulalaaa. 

Nah, beberapa hari lalu, Vario, motor matic kesayangan saya ini agak bermasalah. Lajunya nggak sekencang dulu. Saya bertanya ke suami, kenapa si Vario nggak bisa melaju kencang seperti dulu. "Mungkin sudah waktunya servis sama ganti oli, Bun," jawab suami. "Bunda bisa kan, bawa motornya ke bengkel. Ayah belum sempat. Kalau nunggu ayah pasti tambah parah kondisinya."

Kalau sudah begini, saya nggak bisa ngeles, deh. Daripada si Vario makin parah, mending saya bawa ke bengkel aja lah. Udah kebayang sih, bakalan bete karena bakalan antri lama kalau di bengkel. Manalah pula, kalau di bengkel nggak bakal nyaman karena rata-rata pengunjungnya laki-laki. Pokoknya yang kebayang, nggak enak-enaknya lah. 

Untungnya, pas lagi galau antara mau ke bengkel atau enggak, seorang teman ngasih tahu kalau sekarang ada aplikasi Bengkel Baik yang bisa ngasih solusi dalam hal perbengkelan. Meski baru saja diluncurkan, tetapi aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk pemesana jasa servis. Baiklah, tanpa pikir panjang saya langsung mengunduh aplikasi Bengkel Baik di hape saya. 

Aplikasi Bengkel Baik


Bengkel Baik ini merupakan aplikasi yang membantu para konsumen untuk mencari bengkel dan melakukan booking pelayanan jasa yang tersedia di bengkel mitra. Tapii, aplikasi ini baru tersedia di area Semarang aja. Semoga suatu saat nanti aplikasi Bengkel Baik ini bisa tersedia di seluruh wilayah Indonesia, ya.

Aplikasi Bengkel Baik memiliki beberapa fitur. Ada fitur Bengkel yang bisa digunakan untuk mencari bengkel terdekat, POM untuk mencari lokasi POM mini bahkan tambal ban. Sedangkan fitur Motor bisa digunakan untuk melihat atau membandingkan spesifikasi  motor impian kalian.

Nggak cuma itu, aplikasi Bengkel Baik juga punya fitur buat kalian yang sedang "gabut" yaitu Game. Yakali bosen nungguin kendaraan yang sedang diservis, mending sambil nge-game kan? Bahkan game nya ini berhadiah poin yang bisa kalian tukarkan dengan voucer. Voucher potingan servis ringan, voucher potongan ganti oli atau voucher untuk ngopi di Kopi Baik. Asik, kaan.

Cara Menggunakan Aplikasi Bengkel Baik

Sebelum saya ke bengkel, saya melakukan booking terlebih dulu di bengkel terdekat dengan tempat tinggal saya. Bengkel Baik yang ada dekat rumah saya sesuai aplikasi adalah Bengkel AutoFit. Setelah booking, saya cek di bagian Aktivitas Booking dan melihat nomor antrian yang berguna untuk menyesuaikan dengan waktu kita agar tidak terlalu lama menunggu di bengkel. 


Setelah booking, saya klaim voucher untuk ganti oli kaena kebetulan si Vario sudah waktunya ganti oli. Lumayan lah bisa dapat potongan 10 ribu. Sisa biaya bengkelnya bisa buat beli es krim, hihi.

Varioku sedang ditangani

Para pekerja bengkel pun dengan cekatan melakukan pengecekan standar dan membersihkan tangki oli. Saya pikir prosesnya bakalan lama, ternyata saya salah. Sevis dan ganti oli ternyata nggak begitu lama. Sudah gitu saya dapat garansi selama seminggu. Jika kendaraan kembali bermasalah atau kondisinya tidak memuaskan, kita bisa kembali lagi ke bengkel dan minta agar kendaraan kita diperbaiki kembali.

Setelah dicoba, ternyata si Vario bisa kembali melaju dengan kencang loh. Udah bisa dipake ngebut lagi. Oopss, ketahuan deh kalau saya hobi ngebut, hihi.



Ternyata servis kendaraan di bengkel tuh nggak seperti yang saya bayangkan. Pastinya saya bakalan balik lagi ke Bengkel Baik ini, deh. Jadi kesimpulannya, mbengkel di Bengkel Baik ini rekomended ya, friends. Pengen ngerasain juga nyervisin kendaraan kalian di Bengkel Baik terdekat rumah kalian? Cobain deh, pake aplikasi Bengkel Baik. Saya tunggu cerita dan pengalaman kalian, ya!